Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Skill Wajib untuk UX Researcher Handal!
Siker.id | 21 Sep 2022 14:35


Bagikan ke
Skill wajib untuk UX Researcher (siker)

siker.id – Kebutuhan pekerjaan akan digital kini semakin banyak permintaanya. Salah satu pekerjaan yang juga diminati adalah UX Researcher. Apa itu?

UX Researcher adalah seseorang yang bekerja untuk mencari informasi dari target pengguna (user) seputar perilaku dan kebutuhan yang kemudian dianalisis untuk menghasilkan desain yang sesuai kebutuhan pengguna.

Nah, bila kamu tertarik ingin menjadi UX Researcher, pahami skill-skill di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Pekerjaan Seorang Customer Relationship Officer

Paham Proses Design Thinking

Skill pertama adalah design thinking. Ya, design thinking adalah proses di mana kamu menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat menjadi solusi bagi masalah yang dimiliki pengguna. Sebagai UX Researcher, penting bagi kamu untuk mengerti proses ini guna menghasilkan produk yang dapat dibutuhkan pengguna.

Mengerti Perilaku Pengguna

Keterampilan selanjutnya adalah memahami perilaku pengguna. Bila kamu mau menjadi UX Researcher, kamu harus bisa memahami perilaku pengguna (user) dan pengetahuan mengenai perilaku manusia. Misalnya saja seperti dari segi sosiologi, komunikasi, antropologi, psikologi hingga ilmu informasinya.

Baca Juga: 3 Cara Bersantai Di Kantor Setelah Pekerjaan Selesai

Olah Data dan Analisis

Ini juga merupakan keterampilan penting. Hasil penelitian dan analisis dari seorang UX Researcher kemudiannya akan diterapkan ke dalam suatu produk yang akan disajikan kepada pengguna. Itulah kenapa seorang UX Researcher harus mampu menganalisis dan mengolah data dengan baik.

Mampu Melakukan Presentasi

Skill selanjutnya yang dibutuhkan oleh seorang UX Researcher adalah juga harus bisa mempresentasikan hasil data yang sudah kamu olah kepada tim yang bersangkutan. Misalnya saja seperti, tim desain, produk, dan developer dengan cara yang terorganisir.

Paham tentang Software Development

Seorang UX Researcher juga diharapkan memiliki pengetahuan umum tentang tahapan pengembangan produk. Mereka harus mengetahui tanggung jawab, kegiatan dan interaksi dalam proses yang terjadi dalam tim.

Nah, itu tadi 5 Skill Wajib untuk UX Researcher Handal yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 4 Pekerjaan Seorang SEO Specialist


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar