Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Meningkatkan Pengambilan Keputusan
Siker.id | 20 Sep 2022 16:05


Bagikan ke
Cara Meningkatkan Pengambilan Keputusan (siker)

siker.id – Dalam memutuskan sesuatu kadang kita bimbang, keputusan mana yang harus kita pilih. Terlalu banyak pertimbangan juga membuat kita semakin bingung, keputusan mana yang harus kita ambil. Padahal, kita perlu mengambil keputusan yang tepat di saat kondisi tergenting sekalipun. Apalagi jika kamu adalah seorang pekerja, pasti kamu akan banyak mengambil keputusan tertentu, entah itu berkaitan dengan pelanggan, calon klien, hingga para pemangku kepentingan.

Untuk itu, kamu perlu meningkatkan keterampilan dalam mengambil suatu keputusan, ya! Simak caranya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 5 Cara Mengambil Keputusan Tepat!

Kumpulkan Informasi & Pahami Masalahnya

Pertama, kamu bisa mengumpulkan infomasi dan memahami masalahnya. Setelah informasi, dan data yang diperlukan sudah terkumpul, mulailah mempelajarinya dengan seksama. Barulah setelah itu, kamu dapat membuat daftar pro dan kontra dari kedua pilihan tersebut. Cobalah untuk mengambil waktu sejenak dan berpikir dengan mendalam mengenai masalah yang sedang kamu hadapi.

Beranikan Diri dalam Mengambil Risiko

Kedua, kamu perlu memberanikan diri mengambil risiko. Dalam mengambil keputusan, risiko akan selalu ada dan melalui setiap risiko dan kesalahan yang kita alami, kita dapat belajar untuk memperbaiki kesalahan itu untuk menghadapi berbagai permasalahan lainnya dengan level yang lebih tinggi dan tentu saja lebih cenderung sulit.

Kamu harus memberanikan diri untuk mengambil keputusan dengan melalui setiap pertimbangan yang ada. Karena terkadang ada orang yang terlalu banyak berpikir mendetail tetapi tidak berani dalam mengeksekusi konklusi yang telah dirumuskan.

Baca Juga: 3 Jenis Penalaran Bantu Kamu Memilih Keputusan

Tanyakan kepada Orang Lain yang Berpengalaman

Ketiga, kamu bisa gunakan cara ini. Jika setelah mengidentifikasi dan menganalisis masalah kamu tetap bingung bagaimana cara mengambil keputusan terbaik, kamu juga bisa menanyakan pada relasi, teman, bahkan sahabat yang berpengalaman.

Pengalaman yang mereka miliki mungkin dapat membantumu untuk berpikir dan mengambil keputusan. Selain kepada mereka yang berpengalaman, akan lebih baik jika kamu dapat menceritakannya kepada seseorang yang kamu percaya dan sungguh mengenalmu.

Nah, itu tadi 3 Cara Meningkatkan Pengambilan Keputusan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Hambatan Perusahaan dalam Mengambil Keputusan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar