Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Manjur Membuka Kursus Online!
Siker.id | 08 Sep 2022 16:10


Bagikan ke
Tips manjur membuka kursus online (siker)

siker.id – Hari ini usaha online amat digemari oleh khalayak luas. Berbagai usaha online mulai bermunculan yang salah satunya adalah usaha kursus online. Yaps, bisinis kursus online kini telah banyak merambah pasaran. Alasan mengapa bisnis ini begitu banyak dilakukan adalah karena kemudahan teknologi dan fleksibilitas.

Melalui kursus online ini, para pengajar tidak harus bertemu dengan para murid/orang yang dimentori secara langsung. Namun, mereka dapat bertatap muka hanya dengan menggunakan gawai seperti, handphone dan laptop. Ini tentu memberikan peluang besar bagi siapa saja yang ingin membuka kursus ini. Terlebih, sewaktu pandemi pada tahun sebelumnya, banyak orang menggunakan jasa kursus online ini karena dianggap efektif dan dari segi keamanan juga terjamin.

Nah, melihat peluang bisnis yang lumayan ini, apakah kamu tertarik mencoba membuka kursus online? Lalu bagaimana cara membuka kursus online itu sendiri? Begini tipsnya!

Baca Juga: 4 Keuntungan Mengikuti Bootcamp

Menentukan Konsep

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat konsep. Dengan mengetahui konsep yang akan kamu gunakan dalam menjalankan kursus online, hal ini dapat mempermudah dalam pengembangan usahamu tersebut. Intinya, susun rencana atau ide bisnis kursus onlinemu secara matang dan pastikan konsepmu itu sesuai dengan keinginanmu.

Melakukan Riset Pasar

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan riset. Hal ini merupakan salah satu langkah penting yang harus kamu lakukan sebelum menjalankan bisnis apapun. Mengapa? Sebab, riset bertujuan untuk mengetahui siapa konsumen bisnis kursus online yang kamu jalankan.

Susun Strategi Pemasaran

Tips ketiga adalah menyusun strategi pemasaran yang baik. Mulailah bergerak untuk mencari pelanggan ketika program belajar dinilai sudah cukup matang. Dalam membuka kelas online, memang trik marketing yang paling masuk akal adalah melalui sosial media atau platform berbasis internet lainnya.

Kamu perlu mempelajari berbagai opsi strategi pemasaran agar tidak salah langkah. Jangan ragu untuk mengambil metode promosi berbayar bila dirasa memang cukup prospektif untuk menjaring pelanggan.

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Online untuk Pemula!

Ciptakan Image yang Berbeda

Tips selanjutnya adalah dengan menciptakan image yang berbeda. Titik awal untuk menciptakan image yang berbeda dan unik adalah membuat keputusan tentang bagaimana posisi bisnismu di industri. Branding merupakan tentang penentuan posisi. Kamu harus mampu membranding diri sebagai yang ahli di bidangnya. Bila tidak, akan sulit untuk menarik orang untuk membeli atau bergabung dengan kursus online.

Memilih Platform

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana kamu memberikan kursus. Kursus online ini sedikit berbeda dengan kursus secara langsung. Akses ke sumberdaya bagi masing-masing orang juga akan berbeda, tergantung kekuatan jaringan yang digunakan.

Layanan video online seperti YouTube atau Vimeo adalah beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Namun, kebanyakan video platform tersebu umumnya tersedia gratis. Kamu bisa menggunakan beberapa platform lain yang memang dikhususkan untuk pembelajaran online. Jadi, kamu bisa lebih interaktif dengan para pengguna kursusmu.

Nah, itu tadi 5 Tips Manjur Membuka Kursus Online yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Aktivitas Sosial yang Dilakukan Secara Online


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar