Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kamu Seorang Pengusaha? Kenali 6 Tipe Pembeli Ini!
Siker.id | 07 Sep 2022 16:58


Bagikan ke
Tipe pembeli (siker)

siker.id – Sebagai seorang pengusaha, kamu pasti tidak ingin melihat pembelimu berpindah ke sainganmu yang lain. Nah, agar pembeli produkmu tidak berpindah tempat, kamu bisa melakukan cara. Salah satu caranya adalah dengan mengenali tipe pembelimu. Ya, dengan mengenali pembelimu, kamu bisa menerapkan strategi apa yang cocok kamu gunakan untuk menarik pembeli. Kamu bahkan juga berpeluang untuk mendapatkan pembeli yang loyal alias menjadi pelanggan tetapmu.

Lantas, apa saja tipe-tipe pembeli yang biasanya ada di pasaran? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 4 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed!

Pembeli Penyuka Harga Murah

Jenis pembeli yang bisa kamu temui yakni, pembeli penyuka harga murah. Konsumen dengan tipe seperti ini merupakan orang yang senang melakukan penghematan. Konsumen ini enggan membayar 50 ribu untuk barang yang mereka tahu harganya tidak sebesar itu. Namun konsumen seperti ini rela membayar harga yang sama jika ada diskon dari promo 50% dan harga barang aslinya 100 ribu.

Pembeli Potensial

Tipe pembeli selanjutnya adalah pembeli potensial. Pembeli potensial ini adalah mereka yang sebenarnya belum membeli produkmu. Namun, mereka memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Sebagai contoh pada toko online, mereka sudah menyukai foto produkmu, memfollow tokomu, hingga mengunjungi website. Mereka lah yang harus dijadikan prioritas, karena sebenarnya mereka telah mengetahui toko kamu dan memiliki niatan untuk membeli.

Pembeli Analitis

Jenis selanjutnya yakni, pembeli bertipe analitis. Tipe ini sangat detail dan penuh pertimbangan serta cenderung agak cerewet. Dalam menghadapi tipe pembeli seperti ini butuh kesabaran karena mereka akan banyak bertanya untuk mengumpulkan data dan informasi yang lengkap sebagai sarana pengambilan keputusan. Mereka akan bersikap teliti dan membandingkan dengan produk atau jasa yang lain.

Baca Juga: 4 Jalan Agar Konsumen Percaya Produkmu!

Pembeli Baru

Jenis pembeli yang banyak ditemui adalah jenis pembeli baru. Orang-orang yang baru pertama kali membeli dan menggunakan produk/layanan dari sebuah brand. Mereka bisa menjadi pelanggan potensial, tapi bisa juga pergi ketika tidak puas dengan kualitas produk/layanan.

Cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan baru adalah dengan menyampaikan manfaat, keuntungan, serta pengetahuan tentang cara menggunakan produk/layanan.

Pelanggan Loyal

Tipe pembeli ini tipe yang sangat disukai oleh para pengusaha manapun. Tipe Pembeli loyal merupakan jenis yang sudah tahu barang apa yang mau dibeli, sudah membaca deskripsi produk, dan sudah konfirmasi padamu lewat chat box. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang cepat dan segera proses orderan mereka agar mereka merasa puas. Mereka akan menganggap kamu telah mengapresiasi mereka dengan sebaik-baiknya.

Pembeli Impulsif

Tipe selanjutnya adalah pembeli impulsif. Pembeli impulsif merupakan jenis pelanggan yang bisa membeli apa saja tergantung suasana hati dan keinginan mereka, tidak berdasarkan kebutuhan atau minat tertentu. Hal ini bisa terkait dengan fenomena konsumerisme.

Menawarkan produk/layanan untuk tipe pelanggan impulsif cukup tricky. Mereka bisa menghabiskan banyak uang untuk penawaran produk apa pun, namun mereka sulit diprediksi karena membeli barang berdasarkan keputusan secara emosional.

Nah, itu tadi 6 Tipe Pembeli yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Jitu Hadapi Konsumen Yang Menyebalkan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar
Pencarian