Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ketahui 4 Tips Manajemen Stres dalam Perusahaan!
Siker.id | 02 Sep 2022 14:13


Bagikan ke
Tips Manajemen Stres dalam Perusahaan (siker)

siker.id – Sebagai pekerja, kadang kala kamu pasti pernah mendapatkan rasa stres ketika menghadapi berbagai persoalan kantor, bukan? Ya, hal itu wajar terjadi sebab pikiran dan tubuh kita juga terbatas. Namun, kamu mesti mengelola stresmu itu dengan baik, ya. Jangan sampai hal itu justru membuat kamu semakin tidak semangat dalam bekerja.

Apabila kamu seorang HRD suatu perusahaan, kamu juga perlu, lho dalam memastikan karyawanmu agar tidak stres. Kamu membutuhkan yang namanya manajemen stres di dalam perusahaanmu. Apa itu manajemen stres?

Dilansir dari Aido Health, manajemen stres ialah sebuah cara atau metode yang dilakukan untuk mengelola keadaan hati dan pikiran yang dapat menyebabkan seseorang stres.

Lantas, bagaimana tipsnya untuk melakukan manajemen stres pada perusahaan? Begini penjelasannya!

Baca Juga: 4 Tips Atasi Stres saat Perjalanan ke Kantor

Menyediakan Perlengkapan Olahraga

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyediakan perlengkapan olahraga bagi karyawanmu. Cara ini bisa dijadikan saran untuk pihak manajer dalam menyediakan fasilitas untuk membantu mengurangi stres karyawannya.

Dengan adanya fasilitas olahraga secara gratis, maka akan mampu mengurangi kebiasaan mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat seperti minum minuman beralkohol. Selain itu, olahraga juga dianggap mampu mengatasi fokus dan meningkatkan konsentrasi setiap karyawan.

Menerapkan 4A (Avoid, Alter, Adapt, Accept)

Tips kedua ini juga merupakan hal penting untuk diimplementasikan. Dengan menerapkan metode 4A ini, pihak manajemen bisa memprediksi apa saja yang bisa menyebabkan stres di lingkungan kerja, seperti tugas atau deadline dengan tekanan yang tinggi.

Tekanan kerja seperti ini bisa dihadapi dengan cara menghindari pekerjaan yang bisa membuat stres, mengubah respon penyebab stres, beradaptasi dengan pekerjaan yang menyebabkan stres, dan menerima berbagai hal yang tidak bisa diubah.

Baca Juga: 3 Perilaku yang Bisa Memicu Stres Berat

Menyediakan Waktu untuk Bersantai

Tips selanjutnya adalah menyediakan waktu untuk bersantai. Melakukan kegiatan santai dan bersenang-senang akan secara efektif mengurangi rasa stres dengan sendirinya. Setiap individu pasti mempunyai kegiatan yang mereka sukai, dengan melakukan kegiatan tersebut di waktu senggang, maka stres mereka akan teralih.

Membiasakan Gaya Hidup Sehat

Tips terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan membiasakan gaya hidup sehat. Jika perusahaan memberikan fasilitas makan siang di kantor, disarankan agar manajer HRD lebih memilih menu makan yang sehat. Dengan memberikan makanan yang baik dan sehat untuk karyawan, maka tingkat konsentrasi dan fokus mereka akan meningkat. Hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai bentuk penghargaan atas performa SDM perusahaan.

Nah, itu tadi 4 Tips Manajemen Stres dalam Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Atasi Stres Berat akibat Kehilangan Pekerjaan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar