Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Siker.id | 02 Sep 2022 13:03


Bagikan ke
Manajemen Menurut Para Ahli (siker)

siker.id – Ketika menjalankan sesuatu pastinya dibutuhkan perencanaan yang baik dan terukur guna mendapatkan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga pada suatu organisasi, institusi, hingga perusahaan bisnis, apabila ingin memperoleh goals yang dituju, tentu dibutuhkan suatu tata kelola dan atur yang baik pula. Salah satu solusinya ialah dengan menerapkan manajemen. Apa itu manajemen dan bagaimana?

Simak pengertian manajemen menurut para ahli di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 3 Proses Manajemen Strategis Ini!

Mary Parker Follet

Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai sebuah seni menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan tenaga orang lain. Dengan kata lain, dalam pengertian manajemen menurutnya ada seorang manajer yang mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mengerjakan sesuatu hingga mencapai tujuan bersama.

George R. Terry

Manajemen berdasarkan George. R Terry adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa susunan dan tindakan yang berisikan perencanaan, pengorganisasian yang saling menggerakkan dan melakukan pengawasan.

Semua kegiatan yang terencana itu dilakukan secara berkesinambungan dan konsisten untuk mencapai suatu tujuan bersama. Caranya adalah dengan mamanfaatkan semua jenis sumber daya yang ada.

Prof. Oie Liang Lee

Menurut Oie Liang Lee, manajemen ialah ilmu dan seni untuk mengkoordinasikan dan mengawasi tenaga manusia dengan bantuan beberapa alat untuk mencapai sebuah tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan.

Renville Siagian

Renville Siagian menjelaskan bahwa manajemen adalah sebuah usaha untuk menggerakkan suatu jasa, pelayanan, atau produksi yang ditangani para tenaga ahli dan terampil hingga mencapai sasaran bersama.

Baca Juga: 4 Manfaat Manajemen Rantai Pasokan

Henry Fayol

Pengertian manajemen menurut Henry Fayol ialah manajemen mengandung lima gagasan fungsi yang utama, yakni, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

Sedangkan fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah elemen-elemen dasar yang selalu ada serta melekat di dalam setiap proses manajemen yang akan menjadi acuan dasar oleh setiap manajer untuk melaksanakan setiap tugas/kegiatan dalam rangka untuk mencapai tujuan.

Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol terhadap sumber daya untuk menjangkau tujuan secara efektif dan seifisien mungkin. Manajer dalam sistem manajemen ini harus mengarahkan anggotanya untuk mencapai tujuan dengan benar dan sesuai rencana.

Lawrence A. Appley

Lawrence A. Appley menjelaskan pengertian manajemen itu sendiri sebagai sebuah keahlian mangatur dari sebuah organisasi atau instansi untuk mengerakkan individu lain mengerjakan suatu kegiatan sampai mencapai tujuan tertentu.

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A, menjalaskan bahwa manajemen merupakan sebuah sistem yang mengawasi perilaku atau aspek sosial eksak yang saling mempengaruhi satu sama lain. akan tetapi, aspek pentingnya bukan dari faktor tanggung jawab terhadap keselamatan melainkan pencapaian target produksi yang sesuai dengan perencanaan organisasi.

Nah, itu tadi Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 6 Tujuan Manajemen Proyek Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar