Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Keunggulan Menggunakan Asuransi Syariah
Siker.id | 23 Aug 2022 16:05


Bagikan ke
Keunggulan menggunakan asuransi syariah (siker)

siker.id – Produk-produk asuransi yang ada di Indonesia kini telah banyak digunakan oleh masyarakat. Hal itu juga termasuk asuransi syariah. Berbeda dengan produk asuransi pada umumnya, asuransi syariah ini diberlakukan dengan landasan islam.

Menurut OJK, asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara para pemegang polis (peserta), yang dilakukan melalui pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan prinsip syariah.

Asuransi syariah menggunakan prinsip sharing of risk, dimana risiko dari satu orang/pihak dibebankan kepada seluruh orang/pihak yang menjadi pemegang polis, sedangkan asuransi konvensional menggunakan sistem transfer of risk dimana risiko dari pemegang polis dialihkan kepada perusahaan asuransi.

Lalu, apa saja keunggulan asuransi syariah ini dibanding asuransi lainnya? Simak di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Jenis Asuransi di Indonesia

Tidak Ada Unsur Riba & Gharar

Asuransi syariah dibangun dengan prinsip syariat islam, maka tentu tidak mengandung riba maupun sesuatu yang tidak pasti (gharar). Seluruh pengelolaan dana tabarru’ dilakukan secara transparan sehingga dapat mengoptimalkan keuntungan bagi masing-masing peserta.

Kepemilikan Dana

Pada asuransi syariah ini, seluruh kontribusi yang masuk sebagian menjadi milik perusahaan asuransi syariah selaku pengelola dana dan sebagian lagi menjadi miliki peserta asuransi secara kolektif atau individu.

Alokasi & Distribusi Surplus Underwriting

Secara sederhana, istilah ini merujuk pada selisih lebih dari total kontribusi peserta asuransi ke dalam dana tabarru’ setelah ditambah recovery klaim dari asuransi dikurangi pembayaran santunan atau klaim, kontribusi reasuransi, dan penyisihan teknis.

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah

Dewan Pengawas Syariah memiliki tugas untuk mengawasi seluruh produk asuransi syariah sehingga pengelolaan dananya tetap mengikuti kaidah-kaidah syariat Islam. Intinya, kamu tidak perlu khawatir dana kamu akan hangus tiba-tiba, karena dana yang terkumpul dikelola secara transparan.

Pengelolaan Dana Berdasarkan Syariat Islam

Kumpulan dana dari peserta asuransi ini akan dikelola berdasarkan syariat Islam. Misalnya, tidak akan diinvestasikan ke perusahaan yang tak sesuai dengan prinsip Islam, seperti judi.

Nah, itu tadi 5 Keunggulan Menggunakan Asuransi Syariah yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Tugas Manajer Keuangan Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar