Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut
Siker.id | 24 Nov 2021 16:00


Bagikan ke

siker.id - Memulai usaha memang memberikan keuntungan yang besar bagi pelakunya. Namun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan upaya yang besar pula. Hal ini yang membuat orang-orang sudah mundur dahulu sebelum memulai usaha. Modal yang besar, perjuangan yang tidak mudah, hasil yang tidak menentu dan lain sebagainya menjadi penyebabnya. Hampir sebagian besar orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tapi, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut.

Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang.

Baca juga: Simak ! Prospek Kerja Psikologi Klinis

Bagi Anda yang ingin memulai usaha, jangan merasa takut terlebih dahulu! Lakukan beberapa tips ini untuk membantu upaya Anda yang ingin memulai usaha agar tidak bangkrut.

1. Susun Rencana dan Visi Misi

Setelah menentukan produk, maka persiapkan rencana yang matang serta visi dan misi yang jelas. Ketiga hal ini merupakan kunci sukses sebuah usaha. Dengan menentukan rencana serta visi misi, Anda mempunyai gambaran serta tujuan yang ingin dicapai di masa depan, mulai dari target pasar, rencana pemasaran dan lain sebagainya.

Dengan membuat ketiga hal ini Anda bisa melangkah sesuai jalur dan tetap fokus. Rencana,visi dan misi yang jelas juga akan memudahkan Anda ketika melakukan pinjaman, menemukan investor, dan menilai apakah usaha Anda memungkinkan untuk dimulai dan selanjutnya dikembangkan.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

3. Fokus pada Satu Bisnis Terlebih Dahulu

Mempunyai banyak usaha memang mampu memberikan keuntungan yang berlipat. Namun di sisi lain bisa merusak fokus Anda yang justru berakibat pada kerugian. Jangan terburu-buru ingin menambah keuntungan dengan memulai usaha kedua. Pastikan usaha yang saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Bila sudah stabil, barulah buat rencana bisnis selanjutnya. Anda juga dapat mengikuti seminar maupun online course.

Baca juga: Apa Definisi dan Tugas Seorang Penerjemah?

4. Terus belajar dan jangan cepat puas

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

5. Riset Pasar

Analisis siapa saja yang akan menjadi konsumen. Misalnya, membuat kuesioner, survey, dan lihat riset dari lembaga resmi. Dari sana, Anda bisa tahu inovasi apa yang dibutuhkan konsumen.

6. Rajin Mencatat

Ketika melakukan hal-hal baru seperti memulai usaha, wajar jika ada satu atau dua hal yang masih terlupa dan beberapa hal yang masih dibingungkan. Biasakan untuk mencatat detail-detail barang, operasional, kegiatan serta tantangan yang Anda hadapi. Catatan ini nantinya bisa digunakan untuk mengingatkan apa yang terlupa, harus dibeli dan dilakukan serta dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Itulah beberapa tips ketika kamu ingin memulai usaha agar tidak bangkrut, Apabila menyukai artikel ini bisa anda bagikan dan semoga bermanfaat..Terima kasih

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Agronomi Holtikultura, Baca ini Yuk

 


Editor: Bagus -

     

Komentar