Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Cara Membuat Perusahaan Lebih Produktif
Siker.id | 24 Nov 2021 19:40


Bagikan ke
Membuat perusahaan lebih produktif ternyata membutuhkan usaha besar antara managemen dan karyawan. (siker)

siker.id - Sumber daya manusia dalam hal ini karyawan di perusahaan Anda adalah modal utama dan penting yang harus dikelola dengan baik. Tentu saja Anda sebagai pemilik usaha harus menciptakan suasana kerja dan lingkungan perusahaan yang mendukung produktivitas karyawan dan hal itu tidaklah mudah. Namun, Anda tidak harus selalu menghabiskan banyak anggaran untuk menemukan cara meningkatkan produktivitas perusahaan. Beberapa langkah berikut ini bisa Anda ikuti agar produktivitas perusahaan berjalan dengan baik. Mari simak pembahasannya.

Baca juga: Tanda-Tanda Perusahaan Bangkrut, Baca Ini

1. Buat Rencana Bisnis

Ini dia cara meningkatkan produktivitas kerja yang pertama. Jika merasa usaha yang dimiliki tidak begitu produktif atau terkesan jalan di tempat, coba lihat kembali apakah Anda sudah punya rencana bisnis? Sebagai seorang pemilik usaha sudah sepatutnya membuat rencana bisnis secara matang. Tujuannya supaya Anda lebih fokus dan lebih terarah dalam menjalankan usaha tersebut. Lalu, bagaimana caranya? Buatlah rencana yang realistis dan sesuai dengan target. Buatlah business plan yang spesifik untuk anggaran sampai indikator kesuksesan.

2. Lakukan Monitoring Usaha secara Rutin

Cara meningkatkan produktivitas kerja selanjutnya adalah lakukan monitoring usaha secara berkala. Pada dasarnya, monitoring merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan oleh para pengusaha. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui sejauh mana usaha tersebut berkembang. Dari hasil monitoring inilah Anda dapat mengevaluasi target, pencapaian, sampai strategi pengembangan usaha yang ada.

3. Memperhitungkan Waktu yang Dibutuhkan

Meningkatkan produktivitas tenaga kerja juga diperlukan agar hasil pekerjaan lebih maksimal. Oleh karena itu Anda perlu tahu cara menentukan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. Jika biasanya dibutuhkan waktu 2 jam, buatlah strategi agar pekerjaan tersebut bisa diselesaikan tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Jika berhasil, Anda akan memiliki waktu lebih untuk beristirahat atau mengerjakan hal lainnya.

4. Melakukan Evaluasi Hasil kerja Secara Berkala

Cara lain untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja adalah dengan rutin melakukan evaluasi, misalnya setiap minggu. Anda cukup membandingkan hasil pekerjaan minggu ini dengan minggu lalu. Setelah itu, carilah kekurangan apa saja yang perlu ditingkatkan atau ubah, dan kelebihan apa untuk dipertahankan.

Baca juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

5. Berikan Tugas yang Realistis dan Pasti Dapat Dicapai

Pastikan bahwa Anda telah memberikan tugas yang realistis dan pasti dicapai, sehingga karyawan Anda akan menjadi lebih produktif. Hal ini karena masing-masing karyawan memiliki batasan kemampuan dan pikiran. Memberikan tugas di luar kemampuan karyawan Anda jelas bukanlah hal yang tepat karena akan berakibat stress sampai pada demotivasi.

6. Mengelola Jam Kerja dengan Wajar

Membiarkan karyawan bekerja lembur dipandang sebagai sebuah bukti loyalitas atau komitmen seorang karyawan terhadap perusahaan. Padahal ketika mereka terus menerus bekerja lembur, justru akan mempengaruhi produktivitasnya. Cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang perlu Anda lakukan, yaitu dengan menentukan jam kerja yang wajar namun tetap efektif dalam mencapai target perusahaan.

7. Dukung Karyawan dengan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara meningkatkan produktivitas perusahaan yang berikutnya adalah mendukung karyawan dengan peralatan yang dibutuhkan. Ini penting diperhatikan agar keterampilan atau skill yang dimiliki oleh karyawan Anda dapat lebih dimaksimalkan. Sediakan peralatan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, seperti PC atau laptop yang layak pakai lengkap dengan software yang dibutuhkan.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan produktivitas perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Seberapa Penting Compensation dan Benefit Dalam Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar