Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Anda Lulusan Kebidanan? Baca ini Yuk
Siker.id | 24 Nov 2021 11:30


Bagikan ke

siker.id - Bidan adalah tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian atau kompetensi dan kualifikasi untuk melakukan perawatan kepada ibu dan anak. Profesi bidan harus melakukan tindakan yang bertanggung jawab dalam memberikan dukungan, nasehat dan asuhan kepada ibu hamil.

Masuk ke jurusan kesehatan ternyata tidak hanya bisa menjadi dokter dan perawat, melainkan bisa juga menjadi bidan. Yakni dengan menempuh jurusan pendidikan untuk kebidanan atau jurusan kebidanan.

Jurusan kebidanan sendiri merupakan sebuah program studi yang mempelajari mengenai keilmuan dan seni dalam hal persalinan. Selain itu dipelajari juga mengenai proses menolong persalinan, nifas, masa menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, menopause, bayi baru lahir, dan fungsi organ reproduksi.

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Perhotelan, Baca Ini

Untuk menjadi bidan harus menempuh pendidikan di perguruan tinggi baik D3 atau S1 Kebidanan. Di Indonesia hampir seluruh kota mempunyai perguruan tinggi kesehatan yang mana salah satu jurusannya adalah Kebidanan. Plus minus dari jurusan kebidanan dapat dilihat dari prospek kerja lulusan kebidanan dari tahun ke tahun.

Jurusan kebidanan akan memberi prospek kerja yang luas, beberapa pilihannya adalah sebagai berikut:

1. Klinik atau Balai Pengobatan

Saat ini semakin banyak Klinik dan Balai Pengobatan swasta yang modern, tentunya untuk membantu meningkatkan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat, bekerja di sektor swasta juga tidak kalah menariknya dengan menjadi PNS.

2. Dinas Kesehatan

Prospek karir juga bisa ditemukan di dinas kesehatan yang termasuk salah satu instansi pemerintah. Kamu bisa berkarir di instansi ini karena selama masa perkuliahan mendapatkan ilmu terkait kesehatan.

Ilmu inilah yang membuat banyak instansi pemerintah yang berhubungan dengan kesehatan memerlukan tenaga bidan. Sehingga kamu yang ingin punya gaji jelas dan menarik, bisa mencoba melamar di dinas kesehatan pemerintah.

3. Instruktur Meditasi Persalinan

Pilihan berikutnya adalah mendirikan usaha meditasi persalinan, yang akan membantu para ibu hamil mempersiapkan mental menghadapi persalinan. Usaha satu ini juga memiliki prospek yang cerah.

Sebab persalinan di mata masyarakat adalah proses yang punya resiko tinggi. Selain pola hidup sehat penting pula untuk menjaga kesehatan mental. Menjalani meditasi persalinan kerap dijadikan pilihan untuk menghadapi persalinan dengan lebih siap, nyaman, dan tenang.

Baca juga: Tanda-Tanda Perusahaan Bangkrut, Baca Ini

4. Bergabung dengan home care

Perusahaan layanan kesehatan home care saat ini sangat genjar untuk melakukan rekrutmen kepada para tenaga kesehatan, salah satunya adalah kebidanan. Berkarier sebagai bidan di home care akan memberikan banyak pengalaman serta melatih keberanian, tanggung jawab dan inisiatif dalam memberikan keperawatan pada ibu dan anak.

5. Membuka Praktek Sendiri

Setelah lulus kamu juga punya kesempatan untuk membuka praktek sendiri di rumah maupun mendirikan klinik sendiri. Baik itu klinik kesehatan maupun klinik yang memberi pelayanan kesehatan secara spesifik. Misalnya klinik persalinan, klinik penyakit jantung, dan sebagainya.

Namun, sebelum bisa membuka praktek dan klinik sendiri kamu perlu mengurus sertifikasi dan surat-surat terkait perizinan usaha.

Itulah 5 prospek kerja kebidanan lengkap. Kamu jadi tahu bahwa lulusan kebidanan tidak harus berkarir sebagai seorang bidan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin membuka pengetahuan Kamu tentang jurusan ini.

Baca juga: Jadi Seorang Pemimpin Wajib Punya Karakter Ini

 


Editor: Bagus -

     

Komentar