Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pentingnya Manajemen Operasional untuk Perusahaan
Siker.id | 02 Aug 2022 15:03


Bagikan ke
Pentingnya Manajemen Operasional untuk Perusahaan (siker)

siker.id – Apakah kamu sudah tahu apa itu manajemen operasional? Pengertian manajemen operasional yakni, suatu bidang manajemen yang berkaitan dengan pengawasan, perancangan, dan pengendalian proses produksi serta perancangan ulang operasi bisnis dalam produksi barang atau jasa.

Manajemen operasional berkaitan dengan berbagai kegiatan yang memungkinkan perusahaan untuk mengubah rangkaian input dasar seperti bahan, energi, kebutuhan pelanggan, informasi, kemampuan, keuangan, dan sebagainya menjadi output untuk pelanggan.

Cakupan kerjanya lintas bidang, berhubungan dengan departemen lain seperti penjualan, pemasaran, dan keuangan.

Menurut kamu, kenapa manajemen operasional ini penting bagi perusahaan? Yuk, simak di bawah ini ya!

Baca Juga: 4 Tujuan Manajemen Operasional yang Perlu Kamu Ketahui!

Usaha Mencapai Tujuan

Manajemen operasional memiliki peran efektif dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Hal tersebut memastikan bahwa semua aktivitas berjalan sesuai dengan rencana dengan terus memantau semua kerja dalam perusahaan.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Manajemen operasional juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Tidak hanya mengukur kinerja karyawan, pengelolaan operasional berguna untuk melatih dan mendidik karyawan untuk meningkatkan kinerja.

Baca Juga: 7 Jenis Program CSR Perusahaan

Perencanaan yang Baik

Dengan memiliki perencanaan, ini berarti dapat menentukan tujuan dari subsistem operasi organisasi perusahaan dan mengembangkan program yang sudah dimiliki.

Selain itu, kebijakan dan prosedur untuk mencapai tujuan perusahaan juga dapat dikembangkan melalui manajemen operasional. Bukti dari fungsi perencanaan dari manajemen operasional ini mencakupi penentuan peranan serta fokus operasi perusahaan. Fokus tersebut meliputi perencanaan produk, fasilitas, hingga pemanfaatan sumber daya produksi.

Pengorganisasian Perusahaan

Adanya pengorganisasian dapat menentukan struktur individu, grup, bagian, divisi, hingga departemen di perusahaan. Manajemen operasional mampu menyatukan subsistem-subsistem operasi tersebut agar bisa mencapai tujuan perusahaan.

Pada fungsi ini, manajemen operasional akan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan demi tercapainya tujuan perusahaan tersebut. Ditambah lagi manajer operasional memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan hal tersebut. Jadi, fungsi pengorganisasian dapat berjalan dengan lebih baik.

Nah, itu tadi Pentingnya Manajemen Operasional untuk Perusahaan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Mengembangkan Product Mindset


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar