Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Cara Berbisnis Online untuk Pemula!
Siker.id | 25 Jul 2022 16:02


Bagikan ke
Cara berbinis online untuk pemula (siker)

siker.id – Punya keinginan memiliki cuan tapi dengan cara yang simple alias tidak ribet? Salah satunya adalah dengan membuka usaha online.

Saat ini, bisnis daring sangat diminati banyak pebisnis. Selain mudah dalam memasarkan, efisiensi biaya dan banyaknya konsep atau ide bisnis menjadi alasan mengapa orang-orang memilih bisnis ini.

Kamu punya keinginan untuk berbisnis online? Apakah kamu pemula? Bingung bagaimana cara memulai bisnis online? Berikut tips bagi kamu yang dapat kamu terapkan agar usaha onlinemu lancer jaya! Simak ya!

Baca Juga: 4 Jenis Bisnis Online dengan Kisaran Penghasilan

Pahami Bisnismu

Sebelum memulai menjual produk kamu di pasaran, kamu harus tahu dulu bisnis online apa yang akan kamu lakukan. Apakah bisnis di bidang barang seperti menjadi reseller kosmetik, buku, atau dropshipper produk olahraga?

Atau kamu tertarik dalam usaha jasa? Misalnya, kamu ingin membuka jasa sebagai penerjemah online, maka kamu harus menguasai bahasa asing yang akan kamu terjemahkan.

Akan lebih bagus lagi kalau kamu tidak hanya menguasai satu, tetapi juga beberapa bahasa. Maka dari itu, kamu perlu tahu dulu ya tentang produk yang akan kamu jual.

Selain itu, kamu juga harus menguasai kualitas, manfaat, dan hal lainnya tentang produkmu. Jadi pastikan perencaanaan kamu bagus ya supaya bisnis kamu tetap berjalan baik.

Riset dari Pesaing

Dalam bisnis, kamu akan menmeukan banyak pesaing dari bisnismu, apalagi jika produk yang kamu jual sama dengan mereka. Oleh karena itu, kamu justru harus melakukan riset dari pesaingmu.

Kamu bisa memulai dengan membuka toko online mereka di e-commerce misalnya. Perhatikkan apa saja yang mereka jual, bagaimana ulasan pelanggan, kelebihan dan kekurangan yang mereka punya sehingga kamu bisa belajar banyak dari kompetitor sekaligus juga memanfaatkannya.

Baca Juga: 4 Software Rekomendasi Untuk Animasi Online

Cari Pemasok yang Tepat

Ini merupakan hal penting karena supplier ibarat nyawa bisnismu. Jika kamu mendapatkan supplier yang terpercaya maka bisnismu dapat lancar karena mereka percaya denganmu. Jika tidak? Tentu akan menjadi kebalikannya.

Kamu dapat mencari supplier yang ada di toko-toko online e-commerce bahkan kamu juga bisa mencari mereka sampai ke luar negeri. Tentu, tergantung dengan produkmu. Yang terpenting adalah kamu harus mampu mengomunikasikan apa maksudmu kepada mereka dan perlakukan mereka layaknya partner bisnis.

Bikin Website atau Sosial Media

Bukan bisnis online namanya bila memasarkannya tidak secara online. Maka dari itu, kamu membutuhkan website atau media sosial untuk menjadi toko yang memajang produk-produk kamu. Apalagi menurut survei Verisign, 56 persen orang tidak percaya bisnis online yang tidak memiliki website.

Selain website dan juga media sosial, kamu juga membuka tokomu di berbagai aplikasi e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan lain sebagainya, sehingga pelanggan akan lebih mudah mengenali dan membeli produkmu.

Evaluasi secara Rutin

Terakhir, lakukan evaluasi secara rutin untuk mengetahui apa saja perkembangan bisnis di pasar. Apa yang sedang terjadi, apa yang sedang viral, atau apapun yang berkaitan dengan bisnis, kamu perlu mengetahui dan merisetnya.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui kebutuhan untuk memproduksi produk baru ataupun mengevaluasi kebutuhan untuk bersaing dengan pesaingmu.

Nah itu tadi, 5 Cara Berbisnis Online untuk Pemula yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Jenis Komunikasi Bisnis untuk Kamu Ketahui!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar