- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Efektif Dengan Atasan?
- Berikut Beberapa Manfaat Perjalanan Dinas
- Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan
- Berikut 5 Etika Berbicara Dengan Atasan
- Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?
- Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula
- Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?
- Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi
- Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis
siker.id – Untuk melakukan suatu keputusan atau tindakan, kamu perlu berkomunikasi dengan orang lain bukan?
Apalagi dalam suatu bisnis, kamu wajib memiliki komunikasi yang baik sehingga rekan kerja atau klienmu paham apa maksud kepentingan perusahaan atau bisnismu.
Terdapat beberapa jenis komunikasi bisnis, lho. Apakah kamu tahu?
Kalau belum tahu, yuk simak bebeapa jenis komunikasi bisnis untuk kamu pelajari dan terapkan, sobat siker!
Komunikasi Bisnis Lateral (Horizontal)
Komunikasi bisnis ini terjadi di antara para karyawan dengan jabatan yang setara baik di dalam divisi masing-masing maupun antar divisi. Penyampaian informasi bisa dilakukan secara tertulis maupun lisan.
Misalnya, manajer produk berkoordinasi dengan manajer pemasaran mengenai skenario permintaan produk, tren pasar, kebutuhan dan ekspektasi konsumen, maupun informasi lain yang relevan untuk proses desain produk yang sesuai.
Komunikasi Bisnis Eksternal
Jenis komunikasi bisnis eksternal ini dilakukan untuk menyampaikan informasi kepada pihak-pihak eksternal yang ada di luar perusahaan. Contohnya pemasok, pelanggan, partner bisnis, pemegang saham, aparat pemerintah, dan lain-lain.
Misalnya, bagian public relation/hubungan masyarakat dari suatu perusahaan memberikan suatu klarifikasi kepada media massa terkait sesuatu hal yang terjadi pada perusahaan.
Baca Juga: 4 Alasan Penting Komunikasi Bisnis!
Komunikasi Bisnis Internal (Ke Atas/ Upward)
Jenis komunikasi ini melibatkan pendekatan manajemen dari bawah ke atas. Pada komunikasi ini, informasi mengalir dari bawahan ke manajer atau siapa pun yang berada di atas di tingkat hierarki.
Contohnya, staf bidang SDM suatu perusahaan menyiapkan laporan atrisi dan mengkomunikasikan hal yang sama kepada atasannya yakni, manajer SDM.
Komunikasi Bisnis Internal (Ke Bawah/ Downward)
Pada jenis komunikasi ini, informasi mengalir dari manajemen tingkat atas ke karyawan dalam suatu organisasi. Informasi ini terkait dengan menyampaikan instruksi kepada bawahan atau karyawan untuk melakukan tugasnya masing-masing.
Komunikasi ini biasanya digunakan oleh direktur atau manajer untuk mengkomunikasikan berbagai tujuan, prosedur dan kebijakan, pedoman, keputusan, dan instruksi kepada bawahan mereka.
Proses komunikasi ke bawah dalam bisnis mencakup penyampaian pesan dari tingkat atas ke tingkat yang lebih rendah melalui rantai hierarki. Jenis komunikasi ini bisa dalam bentuk tulisan atau lisan.
Nah itu tadi, 4 Jenis Komunikasi Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin
Editor: -
Komentar
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Efektif Dengan Atasan?
- Berikut Beberapa Manfaat Perjalanan Dinas
- Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan
- Berikut 5 Etika Berbicara Dengan Atasan
- Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?
- Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula
- Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?
- Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi
- Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis