4 Cara Jitu Mengelola Karyawanmu!
Siker.id | 12 Jul 2022 11:30


Bagikan ke
Cara Jitu Mengelola Karyawan (siker)

siker.id – Setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang loyal, berdedikasi, dan berkomitmen tinggi. Apabila kamu adalah orang yang mempekerjakan karyawan, kamu perlu mempertahankan karyawan terbaikmu sesuai dengan visi dan misi perusaahaan.

Sebab, dengan mempunyai hal tersebut, kamu mampu menjaga bahkan meningkatkan performa perusahaan dari segala sisi. Andaikan tingkat turn over karyawanmu tinggi, itu berarti ada yang salah dengan tata kelola manajemen perusahaanmu.

Tapi tak usah cemas, di bawah ini ada beberapa cara jitu agar karyawanmu setia dengan kamu. Catat ya!

Baca Juga: 5 Jenis Pelatihan Karyawan

Komunikasi Rutin

Terkadang, berbagai rintangan, kendala, dan masalah terjadi begitu saja. Maka dari itu, dibutuhkan komunikasi atau diskusi secara rutin antara karyawan dengan manajemen level atas perusahaan. Adanya diskusi ini dimaksudkan agar baik segala masalah tersebut dapat dipecahkan bersama-sama.

Tujuan adanya komunikasi rutin ini dimaksudkan supaya segala hal-hal kecil diketahui bersama, dan bisa mencapai tujuan yang dikehendaki.

Beri Pelatihan

Tips berikutnya untuk mengelola karyawan dengan baik salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan kepada mereka. Kamu bisa memberikan pelatihan ini ke seluruh karyawanmu.

Pelatihan ini dimaksudkan agar para karyawan tersebut memiliki kualitas kemampuan yang memadai, sehingga tentunya hal tersebut juga akan berdampak baik ke projek yang ditangani. Kamu bisa mulai memberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh karyawanmu tersebut, nih!

Baca Juga: 3 Tips Menjadi Karyawan Berprestasi Di Kantor

Apresiasi Karyawanmu

Lingkungan yang menyenangkan, nyaman dan memotivasi karyawan adalah hal yang didambakan oleh para karyawan. Maka, cobalah untuk memberikan hadiah dan merayakan sekecil apapun keberhasilan yang sudah mereka capai. Misalnya, ketika suatu tim berhasil mendapatkan billing besar, ketika mereka berhasil menyelesaikan proyek tepat waktu, atau ketika ada klien yang memuji kinerja karyawan.

Karyawan yang merasa diakui dan dihargai akan termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik. Jadi, meskipun kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk hal ini, perusahaan akan tetap mendapat imbas positif, lho.

Memantau Pekerjaan Karyawan

Menjadi seorang pemimpin bukan berarti tugasmu hanya duduk dan menunggu hasil. Justru ketika kamu menjadi pemimpin, kamu mesti bertanggung jawab terhadap semua proses yang sedang dilakukan oleh para karyawanmu tersebut. Oleh karenanya, kamu harus memantau kinerja mereka sehari-harinya.

Dengan memantau kinerja para karyawanmu, kamu bisa melihat progres proyek tersebut secara jelas. Kamu pun bisa memberikan komentar, saran, dan masukan ketika karyawan tersebut sedang melakukan aktivitasnya. Adanya kegiatan memantau kinerja ini dapat membuatmu melihat produktivitas dari karyawanmu.

Nah, itu 4 Cara Jitu Mengelola Karyawan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 8 Jenis Hak-Hak Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar