Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Wajib tahu! 10 Jenis Psikotest Kerja
Siker.id | 06 Jul 2022 14:05


Bagikan ke
Jenis Psikotest (Siker)

siker.id - Ketika kalian mendaftar suatu pekerjaan, maka kalian akan mengikuti serangkaian proses seleksi bersama dengan kandidat lain sebelum kalian berhasil menandatangi kontrak dengan perusahaan yang kalian lamar lho, sobat siker! Salah satu tahapan seleksi yang krusial adalah tahapan psikotest. Biasanya tahapan ini dilakukan sebelum tahap interview untuk mengukur seberapa jauh tingkat kompetensi dan kepribadian kalian dengan bidang pekerjaan yang nantinya kalian lamar. Mau tahu apa saja jenis psikotest tersebut? Berikut kami berikan 10 jenis contoh psikotest yang sering digunakan perusahaan untuk merekrut pegawai baru!

Baca Juga: 3 Tips Agar Lulus Psikotest

1. Kemampuan Verbal

Pernahkah kamu menemui soal yang berhubungan dengan antonim, sinonim atau mencari hubungan kata? Ketiga soal tersebut merupakan bentuk dari tes kemampuan verbal yang biasanya diujikan. Tes ini befungsi untuk melihat kemampuan kamu dalam berbahasa, baik dalam tulisan maupun lisan.

2. Logika Aritmatika

Tes ini berupa pertanyaan seputar perhitungan dengan tingkat kesulitan yang beragam. Bahkan beberapa pertanyaannya sering berupa cerita. Menjawab pertanyaan aritmatika membutuhkan strategi tertentu agar kamu dapat mengerjakan soalnya dengan cepat. Sebaiknya perbanyak latihan agar kamu semakin terbiasa ya.

3. Tes Wartegg

Jenis psikotes ini pasti akan sering kamu temui. Tes ini biasanya ditujukan untuk mengukur tingkat ketajaman logika seseorang melalui pola gambar yang berbeda-beda. Bisa berupa garis lurus, melengkung, zig-zag, putut-putus, dan lain-lain.

4. MBTI (The Myers-Briggs Type Indicator)

Secara fundamental, tes MBTI terdiri dari 16 kepribadian. Biasanya, dalam tes ini kamu akan ditanya berbagai pertanyaan yang berupa studi kasus. Kamu harus memilih satu pertanyaan yang sekiranya menggambarkan dirimu.

5. DiSC Personality Test

Pada dasarnya, DiSC merupakan singkatan dari Dominance (D), Influence (I), Steadiness (S), dan Compliance (C). Tes ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik seseorang dalam dunia kerja, baik secara mandiri maupun tim.

Baca Juga: 3 Jenis Psikotest Gambar Yang Sering Digunakan Recruitment

6. Tes Kraepelin atau Pauli

Bentuk soal yang diberikan berupa angka-angka yang disusun membujur dengan jumlah angka, baik angkanya telah ditambah, dikurang, dan jenis perhitungan lainnya. Kamu diwajibkan menjawab angka berikutnya setelah mengetahui pola susunan angka tersebut.

7. Draw A Person Test

Tes ini menuntutmu untuk menggambar manusia sesuai dengan kemampuan. Tes ini bertujuan untuk menilai diri peserta dalam mengambil sebuah keputusan, apakah ia termasuk dalam kategori yang ragu-ragu atau tegas.

8. Tes Army Alpha Intelligence

Tes ini terdiri dari kombinasi angka dan gambar. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat tingkat nalar, ketangkasan, dan kepatuhan kandidat dalam instruksi.

9. Grammar

Apabila kamu melamar di perusahaan multinasional, pasti akan menjumpai soal berbentuk grammar. Tentu bukan hal yang sulit kalau kamu tahu susunan atau aturan penyusunan kalimat dalam Bahasa Inggris.

10. Tes Personal Preference Schedule

Jenis psikotes ini biasanya membahas mengenai pilihan jawaban yang menggambarkan kepribadian kamu. Terkadang, ada pilihan yang tidak sesuai dengan kepribadianmu. Jadi, kamu pelu menjawab dengan jawaban yang mendekati kepribadianmu.

Nah, itu dia 10 Jenis Psikotest Kerja yang dapat kamu pelajari ya, jangan lupa share jika dirasa bermanfaat dan komen di bawah jika kamu ingin memberikan opinimu, sobat siker!

Baca Juga: 5 Jenis Psikotest yang Sering Muncul di Rekrutmen


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar