Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Pola hidup Sehat Bagi Karyawan Kantoran
Siker.id | 30 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang olahraga (freepik/siker.id)

siker.id - Pola hidup sehat tidak hanya membantu dalam kesehatan tubuh secara fisik saja, tetapi juga secara mental. Jika kamu seorang karyawan yang kesehariannya berada didepan komputer, menjaga pola hidup sehat adalah hal yang penting. Duduk dalam waktu yang lama ternyata juga dapat mengakibatkan beragam masalah kesehatan yang serius, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, peningkatan gula darah, dan lain sebagainya.

Sibuknya bekerja terkadang membuat kita kesulitan untuk menjaga pola hidup yang sehat, padahal menerapkannya sebetulnya tidaklah sulit. Nah, berikut ini ada beberapa tips pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan sambil bekerja. 

Baca juga : 3 Tips Jaga Mental Health Saat Cari Kerja

1. Minum air putih

Terlalu sibuk kadang menyebabkan karyawan melupakan untuk minum air putih. Hal ini tidak dapat disepelekan karena dapat menyebabkan dehidrasi. Minum 6 sampai 8 gelas sehari disarankan untuk orang dewasa, namun hal ini dapat sesuaikan dengan kondisi dan aktivitas kamu sehari-hari. Minum air putih juga dapat membuat kamu lebih berkonsentrasi.

2. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Karyawan biasanya lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji karena lebih praktis. Namun, bila dikonsumsi terlalu sering tentu tidak baik untuk tubuh karena mengandung lemak jenuh dan dapat memicu obesitas.

Agar lebih sehat, kamu bisa menyiapkan bekal sendiri. Dengan begitu kamu bisa mengontrol asupan makanan dengan gizi seimbang.

Baca juga : Banyak Meeting? Ini 3 Tips Agar Produktif & Bijak Atur Waktu

3. Batasi asupan kafein

Banyak karyawan yang harus mengonsumsi minuman berkafein untuk memulai harinya. Apalagi coffee shop kian menjamur, sehingga dengan mudah kamu bisa mendapatkannya. Hal ini tidak masalah asalkan membatasi asupannya, misalnya cukup 1 kali sehari.. 

4. Tidur yang cukup

Pola tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menjadi pemicu obesitas dan penyakit jantung. Luangkan waktu untuk tidur yang berkualitas dan baik. Hindari begadang, mengantuk saat bekerja dapat menyebabkan produktivitas menurun.

5. Olahraga

Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan kamu. Beruntung jika kantormu menyediakan fasilitas olahraga, kalau tidak kamu bisa melakukannya sendiri. Olahraga tidak harus dilakukan di pusat kebugaran, kamu bisa melakukannya di rumah, taman, atau fasilitas publik lainnya. 

Itulah dia beberapa tips untuk memulai menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat, selain itu kamu juga harus menghindari stres dan jika ada karyawan yang sakit lebih baik jaga jarak dahulu agar tidak tertular.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Jadi Inspirasi, Ini 5 Motto Hidup Sukses


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar