Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Memerangi Rasisme di Tempat Kerja
Siker.id | 30 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Pentingnya memerangi rasisme di tempat kerja (siker)

siker.id - Seseorang yang sering terkena dampak rasisme terutama di tempat kerja, mungkin terlihat baik-baik saja karena mereka dapat bersikap profesional. Namun nyatanya mereka dapat terkena dampak psikologis yang besar. Jika hal itu terus berlanjut, kemungkinan besar masalah-masalah yang ada akan terbawa ke tempat kerja yang lebih luas. Berikut cara yang dapat kamu lakukan ketika masalah rasisme menghadapi kamu atau rekan kerjamu.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Kesepian Di Tempat Kerja

Mengelola pengembangan karier di semua tahap kehidupan

Di awal karier, setiap karyawan membutuhkan ruang yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Semua orang berhak untuk mendapatkan promosi di perjalanan kariernya. Namun kebanyakan orang yang berambisi dan berlomba untuk mendapatkan kesempatan tersebut hingga politik menjadi permainannya. Pihak manajerial atau perusahaan harus dapat memberikan perlindungan yang diperlukan bagi seluruh karyawan. Umpan balik yang jujur dari para pemimpin serta rekan kerja yang dinilai secara 360 derajat diperlukan dalam hal ini.

Perbanyak kontak antar kelompok

Ketidaksukaan seseorang terhadap kelompok tertentu memang tidak dapat dihindari, seperti orang pribumi yang tidak menyukai orang berkulit putih, perbedaan suku etnis, dan sebagainya. Hal seperti ini akan menjadi masalah yang serius jika terus berlanjut dan akan mengganggu kinerja masing-masing pihak. Salah satu cara adalah dengan menyatukan tim yang anda kelola dengan berbagai keragaman peran dan fungsi untuk saling bekerjasama dalam proyek secara setara. Tim semacam itu dapat meningkatkan kontak di antara beragam jenis orang seperti ras, etnis, dan gender.

Baca juga: 3 Alasan Merasa Asing di Tempat Kerja

Pentingnya peringkat kinerja, mentoring dan peran manajer

Lebih dari 90% perusahaan menengah dan besar menggunakan peringkat kinerja tahunan untuk memastikan bahwa manajer membuat keputusan gaji dan promosi yang adil. Perusahaan yang digugat karena diskriminasi sering mengklaim bahwa sistem penilaian kinerja mereka mencegah perlakuan yang bias. Pentingnya peran manajer dalam memberikan nilai secara adil bukan hanya cenderung memihak kepada kaum minoritas. Ketika manajer secara aktif membantu meningkatkan keragaman di perusahaan mereka, pendapat mereka yang menindas akan bergeser ke arah pandangan itu.

Sekian artikel tentang cara memerangi rasisme di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Membuat Batasan Di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar