Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Skill Untuk Menjadi Business Intelligence
Siker.id | 29 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Business intelligence adalah profesi yang mengacu pada wawasan yang diperoleh dari hasil menganalisis informasi bisnis yang dimiliki perusahaan. Umumnya, mereka mengoptimalkan semua fitur yang ada didalam alat business intelligence untuk mendapatkan data yang dibutuhkan perusahaan, khususnya menemukan letak kerugian income dan mengidentifikasi langkah perbaikan yang bisa dilakukan guna menghemat pengeluaran perusahaan dan meningkatkan keuntungan.

Tugas dan tanggung jawab dari business intelligence adalah mengembangkan dan mengelola keputusan terbaik untuk perusahaan, memberikan laporan melalui aplikasi perkantoran untuk meningkatkan proses bisnis, berkolaborasi dengan anggota tim untuk mengumpulkan data dan menjalankan misi perusahaan, dan menganalisis persyaratan dan proses bisnis kemudian merekomendasikan penerapannya kepada manajemen dan eksekutif.

Baca juga : 3 Skill yang Akan Dicari Beberapa Tahun Kedepan

Untuk menjadi seorang business intelligence dibutuhkan beberapa skill seperti berikut ini.

1. Analisis data

Tugas utama dalam business intelligence adalah menerjemahkan data menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti sehingga perusahaan dapat membuat keputusan yang akan meningkatkan profitabilitas. Proses ini melibatkan pemahaman mengolah berbagai macam data.

Mereka harus dapat melihat korelasi dan membuat makna dari data yang disajikan. Selain itu, business intelligence juga harus bisa menyusun instrumen untuk kepentingan pengumpulan data serta mengetahui cara mengelola data menggunakan alat seperti Excel dan SQL.

2. Visualisasi data

Pengetahuan tentang perangkat lunak atau platform seperti Tableau dan Power BI sering dikutip dalam deskripsi pekerjaan sebagai keterampilan penting yang harus dimiliki. Alat-alat ini membantu membuat grafik dan visualisasi data lainnya.

Baca juga : 3 Skill Yang DIperlukan Untuk Business Development

3. Bahasa pemrograman

Kamu dapat diminta untuk membuat sistem atau proses untuk membantu menganalisis data dan memantau aspek utama bisnis. Pemahaman terhadap bahasa pengkodean seperti PythonJava, atau R sering muncul dalam deskripsi pekerjaan.

4. Pemahaman terhadap industri

Ketika bekerja menjadi business intelligence, kamu perlu memahami industri tempat kamu bekerja. Hal ini akan membantu kamu memahami dan memanfaatkan data yang dianalisis dengan lebih baik serta memberikan solusi yang lebih sesuai kepada para eksekutif.

5. Pemecahan masalah

Mereka biasanya juga dituntut untuk dapat menawarkan pemecahan masalah kepada eksekutif berdasarkan data tersebut. Maka, analis business intelligence perlu memberikan saran atau solusi yang jelas untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Itulah dia beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang business intelligence, selain itu kamu juga harus mempunyai skill komunikasi, baik secara tertulis maupun verbal karena kamu juga harus menyampaikan hasil data ke tim.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 5 Skill Penting Untuk Karir Di Bidang Keuangan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar