Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Alasan Freelancer Belanja Self Reward di Akhir Bulan
Siker.id | 27 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Freelancer perlu belanja self reward pada saat akhir bulan. (siker)

siker.id - Apakah kamu saat ini berkarir sebagai seorang pekerja lepas alias freelancer? Bila ya, berapa bujetmu setiap bulannya yang bisa kamu keluarkan untuk self reward? Meski self reward tak harus mengeluarkan uang, sesekali belanja sesuatu sebagai hadiah buat diri sendiri juga perlu. Dengan begitu, kamu akan lebih merasakan hasil kerja kerasmu selama sebulan. Hanya saja, seperti telah banyak diketahui orang, pekerja freelance wajib lebih cermat dalam mengatur keuangan mereka. Kamu disarankan belanja untuk self reward di akhir bulan saja dengan alasan berikut ini.

Baca juga: Lakukan 3 Cara Ini saat Penghasilan Freelance Anjlok

Biar di awal bulan kamu fokus dulu mencari dan mengerjakan proyek

Awal bulan bukanlah waktu yang tepat buat freelancer menikmati hasil kerja kerasnya. Justru minggu pertama harus digunakan buat memperoleh sebanyak mungkin pekerjaan. Disusul hari-hari sibuk menyelesaikannya dengan sebaik mungkin. Meski ada bayaran dari pekerjaan bulan lalu yang baru masuk di bulan ini, jangan segera membelanjakannya buat sekadar self reward. Hari-harimu masih panjang. Uang tersebut mesti dikelola sebaik mungkin agar cukup sampai transferan berikutnya masuk.

Supaya tak mendahulukan keinginan daripada kebutuhan pokok

Bahaya sekali jika seorang freelancer sampai punya kebiasaan mendahulukan keinginan. Sifat penghasilan yang tak menentu baik waktu cair maupun jumlahnya menuntutmu untuk punya dana darurat yang jauh lebih besar. Kalau kamu terbiasa mendahulukan keinginan daripada kebutuhan saat penghasilanmu tinggi, dirimu bakal kesulitan beradaptasi di situasi berbeda. Ketika penghasilanmu menurun, kamu sukar mengerem mendadak kebiasaan memperturutkan keinginan.

Baca juga: 3 Ide Freelance yang Pas buat Mahasiswa

Sebagai freelancer, kamu tak mendapatkan gaji di awal bulan

Imbalan atas kerjamu dapat kamu terima kapan saja. Bisa setiap satu pekerjaan selesai atau dalam waktu tertentu seperti royalti buku yang biasanya ditransfer 2 kali dalam setahun. Oleh sebab itu, menyamakan waktumu belanja self reward seperti pekerja bergaji tetap tidaklah tepat. Ketika di awal bulan mereka telah mendapatkan gaji, kamu justru belum ada gambaran pasti bulan ini akan bisa mengumpulkan uang sampai berapa banyak.

Sekian artikel tentang alasan freelancer belanja self reward di akhir bulan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kekurangan Berkarir sebagai Freelance


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar