Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Perlu Tanda Tangan Di PDF? Pakai 3 Aplikasi Ini
Siker.id | 22 Jun 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi tanda tangan (freepik/siker.id)

siker.id - Ketika file pekerjaan sudah menjadi PDF yang ternyata membutuhkan tanda tangan di file PDF tersebut, pastilah sangatlah membingungkan. Tanda tangan digital merupakan jenis tanda tangan elektronik yang lebih aman dan di integrasikan ke dalam dokumen setelah penandatanganan dan tidak dapat dihapus oleh penerima.

Lalu aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk tanda tangan di file PDF? Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Kelebihan Aplikasi Berbasis Cloud

1. PDF Filler

 

PDF Filler merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan jika kamu ingin menambahkan tanda tangan di file PDF. Situs web satu ini mendukung dokumen dalam bentuk Word, PowerPoint, PDF, dan format teks lainnya.

Fitur yang cukup unik dari PDF Filler adalah bahwa pengguna dapat memasukkan URL dari dokumen yang ingin ditanda tangani. Dengan itu, kamu bahkan tidak perlu menyimpan dokumen PDF di komputer sebelum menambahkan tanda tangan.

2. SmallPDF eSign PDF

 

Dengan tampilan UI dan petunjuk penggunaan yang jelas, situs web satu ini kerap dianggap sebagai salah satu tools paling praktis untuk bubuhkan tanda tangan di file PDF. Selain itu, SmallPDF eSign PDF menyediakan opsi penyimpanan berbasis cloud dan kemampuan konversi file dari satu jenis ke jenis lainnya, seperti PDF ke JPG.

Baca juga : 4 Aplikasi Terbaik Untuk Meeting Online

3. PDFelement

 

Bagi kamu yang menggunakan smartphone Android, PDFelement merupakan aplikasi tanda tangan PDF terbaik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi tersebut mampu dengan cepat menandatangani dan mengamankan dokumen PDF kapan pun dan di mana pun kamu berada. Selain itu, PDFelement juga menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat memberikan solusi tanda tangan digital lengkap untuk penggunanya.

Nah, itulah dia beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memberikan tanda tangan pada file PDF kamu, selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi DocuSign untuk membubuhkan tanda tanganmu ke file PDF.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Aplikasi Wajib Untuk Konten Lebih Menarik


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar