Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Etika Resign Yang Baik Dari Pekerjaanmu
Siker.id | 20 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Mengundurkan diri dari pekerjaan memang bukanlah keputusan yang mudah. Berbagai penyebab bisa jadi memperkuat alasan untuk mengundurkan diri, baik karena lingkungan kantor yang kurang mendukung, atau hingga adanya tawaran kerja yang lebih menarik di tempat lain.

Ketika kamu merasa harus mengundurkan diri, alangkah baiknya jika kamu juga memahami etikanya agar ke depannya kamu tidak memiliki hubungan atau citra yang buruk di perusahaan lama. Berikut ini ada beberapa etika resign yang baik dari pekerjaanmu. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses

1. Memberi tahu atasan

 

Mungkin kamu telah member itahu rekan kerja terdekatmu, namun etika resign yang baik adalah jangan lupa untuk memberi tahu atasan. Hal ini memungkinkan adanya komunikasi lebih apabila kamu memang merasa ada kekurangan dalam menjalankan pekerjaan. Di sisi lain, memberi tahu atasan juga akan memudahkan dalam proses transisi agar tidak kesulitan saat kamu meninggalkan pekerjaan.

2. Selesaikan tanggung jawab

 

Jangan sampai hanya karena pengunduran dirimu dikabulkan, kamu bisa dengan bebas meninggalkan pekerjaanmu. Dengan tidak menyelesaikan pekerjaan, kamu akan menyulitkan rekan kerjamu yang lain. Hal ini dapat berdampak buruk pada citramu di kemudian hari.

Sebaliknya, kesan baik akan muncul jika kamu justru berusaha maksimal menyelesaikan pekerjaanmu hingga hari terakhirmu bekerja. Kamu akan bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diberikan. 

Baca juga : 3 Etika di Kantor agar Tetap Profesional

3. Menjaga nama baik

 

Tak hanya nama baikmu, namun juga nama baik kantor lamamu, rekan kerja, hingga atasanmu. Meskipun alasanmu mengundurkan diri adalah adanya hal-hal kurang baik yang terjadi di kantormu, kamu tetap perlu menjaga nama baiknya. Hal termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga berbagai rahasia perusahaan.

4. Tetap jalin kontak

 

Poin penting terakhir mengenai etika resign yang perlu kamu lakukan adalah untuk terus menjalin kontak baik dengan rekan kerja dan atasanmu. Seperti disebutkan sebelumnya, rekan kerja dan atasan di kantor lamamu adalah salah satu aset networking-mu.

Dengan menjaga hubungan baik dengan mereka, tak mustahil bila kamu perlu untuk meminta bantuan mereka agar pekerjaanmu semakin lancar. Tentu saja, kamu juga harus siap membantu mereka jika memang membutuhkan.

Itulah dia beberapa etika resign yang perlu kamu pahami dan terapkan ketika sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaanmu, semoga bermanfaat. 

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Etika dalam Penggunaan Ruang Rapat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar