Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Buat Mengatasi Demam Panggung
Siker.id | 17 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Cara mengatasi demam panggung (siker)

siker.id - Siapapun pasti pernah mengalami dan merasakan demam panggung. Entah itu menjelang presentasi, atau bahkan melakukan hal baru yang belum pernah dikerjakan. Banyak yang bisa dilakukan untuk meredakan demam panggung ini. Namun, tidak semua tips bisa dipraktikkan dengan mudah begitu saja. Paling penting adalah berusaha untuk mencoba. Nah, kalau kamu ada di posisi ini tidak ada salahnya untuk mempraktikkan beberapa tips berikut ini.

Baca juga: 3 Film Bertema Public Speaking yang Bisa Ditonton

Minum air putih yang cukup namun tidak berlebihan

Sangat jelas terbukti bahwa air minum mampu meningkatkan daya ingat juga fokus bagi siapapun. Sudah banyak penelitian yang melakukan penyelidikan akan manfaat air putih yang begitu beragam. Nah, supaya presentasi kamu lancar dan bisa meredakan demam panggung, maka sangat disarankan untuk mencoba hal ini. Sewajarnya saja, tidak perlu berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, kamu juga bisa mempersiapkan air minum baik dingin ataupun dengan suhu normal. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dan keinginan yang membuatmu lebih lega. Air putih juga bermanfaat untuk menghindarkan dehidrasi saat presentasi.

Menenangkan diri di ruang privat terlebih dahulu

Sebelum presentasi, tentu saja kamu akan berada di ruangan privat terlebih dahulu. Kamu bisa memanfaatkan ruangan itu untuk menenangkan diri. Kamu bisa mengatur nafas dan suara supaya tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk memeriksa penampilan barangkali ada yang kurang tepat. Tidak perlu ragu untuk sejenak berdiam diri di ruangan privat itu, karena memang sudah dikhususkan untuk kamu. Selagi masih ada waktu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan sebaik mungkin. Daripada kamu hanya melamun dan memikirkan beragam hal negatif yang tidak bermanfaat sama sekali.

Baca juga: 3 Kesalahan Besar Dalam Melakukan Public Speaking

Melakukan peregangan kecil untuk meningkatkan semangat

Peregangan sangat bermanfaat dalam hal apa saja. Kamu bisa melakukan sedikit pemanasan supaya rasa canggung dan demam panggung bisa berkurang. Selain itu, kamu juga bisa berlari-lari kecil di tempat untuk melemaskan kaki. Tidak perlu malu dan ragu, karena ini sangat bermanfaat untuk kamu. Peregangan kecil ini juga bermaksud untuk meningkatkan gairah dan semangat saat presentasi nanti tiba. Tentu saja ini akan memberikan asupan semangat supaya kamu lebih serius dan fokus lagi. Namun, jangan terlalu berlebihan ketika melakukan peregangan.

Sekian artikel tentang tips mengatasi demam panggung. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Public Speaking


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar