Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Berinteraksi Dengan Rekan Kerja Yang Introvert
Siker.id | 15 Jun 2022 12:55


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung tertutup dan menyukai zona nyaman mereka sendiri. Mereka menyukai menyendiri dan tidak begitu suka dengan kegiatan sosial. Terkadang bekerja dengan karyawan atau rekan kerja introvert di kantor itu sulit dan membutuhkan pendekatan dengan cara khusus.

Nah, bagaimana sih berinteraksi dengan rekan kerja yang introvert di kantor? Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Tips Jitu Supaya Tidak Dianggap Enteng Rekan Kerja

1. Kenali rekan kerja introvert dengan baik

 

Memang tidak mudah berinteraksi dengan rekan kerja yang introvert, tetapi kamu harus ingat dalam mengenalinya dengan baik adalah dengan melakukannya perlahan dan penuh kesabaran. Cobalah untuk mendekatinya pelan-pelan, ingat hal-hal kecil tentang rekan kerjamu, dan buat mereka merasa aman bersahabat denganmu.

Memang butuh waktu yang lebih lama untuk bisa dekat dengan seorang introvert, jadi, jangan gegabah dan memaksa mereka untuk keluar dari zona nyaman terlalu cepat.

Baca juga : 3 Tips Membangun Networking di Tempat Kerja

2. Berikan penjelasan rinci

 

Seorang introvert sering kesulitan untuk bertanya. Daripada terjadi kesalahan, lebih baik informasikan bagian pekerjaan mereka sejelas dan serinci mungkin dari awal. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi bertanya saat mengerjakan sebuah tugas.

Kalaupun mereka harus bertanya, pastikan kamu memanfaatkan metode tidak langsung di mana mereka bisa lebih nyaman bertanya denganmu, seperti lewat aplikasi chat pribadi dan lain-lain. Dengan begitu, rekan kerja introvert akan bisa lebih nyaman dan maksimal dalam bekerja.

3. Libatkan rekan kerja introvert

 

Jika sedang rapat atau berdiskusi, cobalah untuk berinisiatif memberikan mereka ruang atau kesempatan untuk berbicara. Jadi, kamu harus sering memperhatikan si introvert di tempat kerja dan melibatkan mereka dalam pembicaraan agar mereka pun bisa berkontribusi dengan baik di kantor.

Akan tetapi, lakukan ini dengan hati-hati. Hanya libatkan mereka jika kamu yakin mereka punya sesuatu yang dapat disampaikan saja.

Itulah dia beberapa tips untuk berinteraksi dengan rekan kerja yang introvert, selain itu kamu juga harus memberikan jadwal dan waktu secara jelas jika ada janji atau meeting karena orang yang introvert cenderung cemas jika schedule mereka diubah mendadak.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Ampuh Ngobrol Dengan Atasan Tanpa Canggung


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar