Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Jenis Penalaran yang Penting dalam Pekerjaan
Siker.id | 15 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Penalaran dalam pekerjaan (siker)

siker.id - Dalam dunia kerja, ternyata kemampuan penalaran adalah suatu hal yang perlu dan wajib dimiliki setiap pekerja. Ada beragam jenis yang bisa digunakan untuk berbagai situasi. Sebagai seorang pekerja, kemampuan penalaran dapat membantumu dalam membuat keputusan penting. Sehingga, membantumu untuk mencapai kesuksesan dalam karier. Nah, di artikel ini, ada penjelasan seputar macam-macam penalaran yang dapat kamu gunakan. Simak ulasannya!

Baca juga: 3 Kesalahan Sepele Ini Merusak Karir

Deduktif

Penalaran deduktif adalah jenis penalaran yang bertolak belakang dengan penalaran induktif. Kamu akan melakukannya dari sebuah teori umum untuk menarik kesimpulan seputar suatu kejadian yang khusus. Sehingga, dalam penalaran deduktif kamu memulainya dengan sebuah asumsi atau hipotesis. Kemudian, kamu melakukan observasi untuk melakukan validasi terhadap asumsi atau hipotesis yang telah dibuat.

Komparatif

Penalaran komparatif adalah penalaran yang membandingkan pentingnya suatu kejadian, benda, atau ide dengan hal lain. Dengan melakukan penalaran komparatif, kamu bisa mengetahui pentingnya suatu hal. Beberapa contoh pengaplikasian penalaran komparatif adalah sebagai berikut:

• membandingkan masa lalu dengan masa sekarang

• membandingkan hasil yang didapatkan dengan hasil yang diinginkan

• melakukan perbandingan terhadap skills yang dimiliki kandidat yang melamar kerja

• membandingkan hasil pekerjaan yang dilakukan dengan ekspektasi yang diberikan

Abduktif

Penalaran abduktif adalah penalaran yang menggunakan observasi untuk mencapai kesimpulan logis. Jenis penalaran ini hampir mirip dengan penalaran induktif. Namun, dalam penalaran abduktif, sebuah hipotesis akan dibuat untuk membuktikan suatu hal yang mungkin benar atau salah. Penalaran abduktif dapat digunakan ketika melakukan penyelesaian masalah atau membuat keputusan. Meski begitu, hasil dari penalaran ini belum tentu benar sepenuhnya sehingga membutuhkan pembuktian lebih lanjut.

Baca juga: 3 Kesalahan Dalam Karir yang Perlu Dihindari

Baik dan buruk

Penalaran baik dan buruk adalah jenis penalaran di mana kamu menggunakan argumen yang mendukung dan menentang terhadap satu atau banyak hal. Dari sana, kamu bisa menentukan hal mana yang paling menguntungkan untukmu. Hasil penalaran ini biasanya berupa jawaban dari pertanyaan apakah sisi positif dari satu hal lebih penting dan banyak dibandingkan sisi negatif yang dimilikinya. Kamu pun bisa menggunakan penalaran ini untuk beberapa hal seperti membentuk argumen yang logis atau menunjukkan bukti untuk mendukung pendapatmu.

Sekian artikel tentang jenis penalaran yang penting dalam pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar