Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tanda Terjebak Di Zona Nyaman, Bikin Kinerja Turun!
Siker.id | 13 Jun 2022 20:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kebanyakan orang yang sudah bekerja akan mengalami fase dimana kinerja mereka naik-turun, setidaknya dalam waktu yang singkat. Zona nyaman bisa saja menjadi salah satu penyebab yang membuat kinerja di kantor menurun. Karena ketika Anda sudah merasa sangat nyaman dengan pekerjaan dan lingkungan kerja, maka Anda merasa tidak perlu melakukan sesuatu yang lebih.

Anda juga akan merasa puas dengan apa yang dikerjakan meski hasil tidak maksimal, karena Anda berada dalam zona nyaman tersebut. Hal ini sering kali tidak disadari beberapa orang, padahal dapat memberikan dampak buruk terhadap perkembangan karir Anda.

Lalu bagaimana sih tanda-tanda orang yang terjebak dalam zona nyamannya? Simak berikut ini.

Baca juga : Kenali 3 Tanda Orang Yang Workaholic

1. Sering menunda pekerjaan

Saat terjun ke dunia kerja, Anda akan diberi tugas sesuai dengan kapasitas Anda disana, tentunya semua ini harus diselesaikan dengan sebaik mungkin. Kebiasaan menunda pekerjaan merupakan salah satu tanda jika sudah terjebak dalam zona nyaman.

Bukannya lebih mudah diselesaikan, justru akan kewalahan dan beresiko untuk menyelesaikannya dengan asal-asalan. Anda merasa biasa saja dan tak lagi memiliki gairah untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

2. Tidak produktif dan selalu malas-malasan

Jika Anda sudah terjebak dalam zona nyaman, maka semangat kerja yang seperti ini biasanya akan mulai menghilang. Anda mungkin merasa tidak perlu melakukan sesuatunya dengan maksimal, sehingga lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan. 

Sikap yang seperti ini akan membuat kinerja menurun dan tak lagi produktif. Anda tidak akan mampu menyelesaikan berbagai tugas dengan baik, bahkan meski itu sudah menjadi tugas yang biasa ditangani.

Baca juga : 3 Tanda-Tanda Kesibukan yang Tidak Sehat

3. Menurunnya profesionalisme akibat urusan pribadi

Urusan pribadi bisa mempengaruhi kinerja Anda secara keseluruhan di kantor, bahkan membuat profesionalitas berkurang. Hal ini bisa dilihat dari berbagai kondisi, seperti menyelesaikan pekerjaan lewat dari deadline, bolos kerja dengan alasan tak jelas, dan yang lainnya. Saat profesionalitas menurun seperti ini, besar kemungkinan Anda sudah terjebak di dalam zona nyaman.

Itulah dia beberapa tanda pekerja yang terjebak di zona nyaman yang mengakibatkan kinerja menurun, selain itu cenderung tidak mau belajar dan berkembang lagi, serta melakukan kesalahan juga saat bekerja. Jika hal ini tidak Anda rubah atau keluar dari zona nyaman, bisa menjadi perkembangan karir Anda terhambat lho.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tanda-Tanda Karyawan Mengalami Overwhelm


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar