Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Persiapan Diri Sebelum Performance Review
Siker.id | 13 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Persiapan performace review (siker)

siker.id - Kamu berdebar-debar menanti performance review di kantor? Tinggalkan deg-deganmu dengan melakukan persiapan-persiapan khusus sebelum performance review. Performance review merupakan bentuk interaksi penting antara manajer dan karyawan. Makanya persiapan yang matang harus dilakukan agar sesi tersebut bisa berjalan lancar. Berikut ini tips persiapan sebelum performance review.

Baca juga: 3 Cara Sukses Melakukan Penilaian Kerja Karyawan

Menyiapkan mental dan respons yang akan diberikan

Dalam proses performance review, kamu akan mendapatkan feedback yang baik dan juga buruk. Menanggapi kedua bentuk feedback dengan cara yang tepat bisa menjadi bentuk penilaian lebih lanjut oleh manager-mu. Jika feedback yang diberikan negatif, ada baiknya kamu tidak bersikap denial dan menerima masukan serta berusaha untuk memperbaiki diri. Jika feedback yang diberikan positif, jangan besar kepala dan jadi menggampangkan pekerjaan. Terus lakukan yang terbaik dan maksimal, supaya bagusnya kinerja kamu tetap stabil.

Tinjau ulang target yang dimiliki

Kamu punya target pribadi untuk perkembangan diri sendiri, atau target yang diberikan oleh manajermu? Sekarang adalah waktu yang tepat untuk meninjaunya. Kamu bisa menilai seberapa banyak target yang berhasil kamu capai atau apa saja kendala yang dialami. Jangan lupa berdiskusi dengan manager untuk menentukan target baru atau mencari solusi untuk mencapai target yang sempat terkendala sebelumnya.

Persiapkan pertanyaan untuk manajer

Mungkin kamu tidak selalu mendapatkan kesempatan berdiskusi secara personal dengan manajermu. Momen performance review bisa dijadikan waktu tepat untuk menanyakan hal-hal yang sebelumnya kamu tak bisa tanyakan. Contoh pertanyaannya seperti perkembangan karier yang mungkin kamu dapatkan, atau bantuan profesional untuk menghadapi situasi di lingkungan kantor.

Baca juga: Inilah Indikator Untuk Penilaian Kerja Karyawan

Ketahui upaya dan kerja keras kamu

Mungkin hasil performance review tidak seperti yang kamu inginkan. Atau mungkin kenaikan gaji atau jabatan belum bisa diberikan oleh perusahaan kamu. Namun, kamu harus mengapresiasi diri sendiri karena berhasil melalui banyak tantangan selama menyelesaikan pekerjaan. Sekarang saatnya untuk berusaha dan membuktikan lebih banyak prestasi yang telah kamu lakukan di performance review selanjutnya.

Sekian artikel tentang tips mempersiapkan diri sebelum performance review. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ingin Melakukan Penilaian Kinerja? Gunakan Metode Ini!


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar