Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
10 Ciri Karyawan yang Disukai Atasan
Siker.id | 20 Nov 2021 09:50


Bagikan ke
Karyawan yang baik yang bisa dekat dengan sesama rekan kerja serta hormat pada atasan. (siker)

siker.id - Sebagai seorang karyawan, menyenangkan rasanya apabila Anda disenangi oleh atasan di kantor. Akan tetapi, tentu saja sebaiknya Anda tidak menunjukkan perilaku mencolok supaya atasan senang dengan kinerjamu. Bagaimana sebenarnya cara agar atasan menyukai kinerja Anda tanpa perlu terkesan "menjilat" dan terlihat profesional?

Baca juga: Tips Menghadapi Rasa Bosan saat Bekerja

1. Disiplin

Disiplin adalah salah satu ciri karyawan yang disukai oleh pimpinan. Karyawan yang datang ke tempat kerja tepat waktu dan pulang tepat waktu itu disukai oleh pimpinan. Bagi Anda yang ingin disukai oleh pimpinan, maka lakukan ini setiap hari.

2. Berkinerja Baik

Kinerja yang baik harus ditunjukkan oleh karyawan yang ingin disukai oleh pimpinan. Pimpinan akan menilai setiap kinerja yang dilakukan oleh karyawannya. Melalui kinerja yang baik, pimpinan bisa saja meningkatkan jenjang karir Anda diperusahaan tersebut. Maka dari itu, tunjukkanlah kinerja baik Anda.

3. Bertanggung Jawab

Tanggung jawab adalah aspek penting yang harus Anda miliki dalam hal apapun, apalagi dunia kerja. Anda dibebankan dengan sejumlah pekerjaan yang mau tidak mau dan sebisa mungkin harus kamu kerjakan. Tanggung jawab yang Anda berikan akan menjadi kontribusi bagi perusahaan karena atasan pada umumnya akan senang kepada karyawannya yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

4. Mempunyai Motivasi Tinggi

Stamina dan semangat tinggi untuk melakukan pekerjaan biasanya memiliki penilaian positif dari atasan. Hal ini dipersepsikan bahwa karyawan memiliki motivasi tinggi dan mampu menentukan laju pekerjaan yang dapat ditiru orang lain. Jika ingin dihargai atasan atau rekan kerja, pastikan Anda bekerja maksimal di kantor. Jadilah yang terbaik sesuai kemampuan dan Anda pun akan meraih yang terbaik juga.

5. Sopan santun

Karyawan yang baik harus memiliki etika yang baik di depan rekan kerja, atasan, maupun klien. Sikap sopan santun menjadi nilai tambah pada seorang karyawan. Tidak boleh lancang dan merasa paling benar apalagi dengan senior atau bahkan pimpinan. Jangan bersikap sombong dan merendahkan junior. Serta jangan merasa paling benar di antara rekan kerja lainnya.

Baca juga: Tips Bertahan Dari Tekanan Pekerjaan

6. Dapat Berkomunikasi Dengan Baik

Menjaga komunikasi yang baik antar rekan kerja maupun dengan atasan sangatlah penting untuk dilakukan seorang karyawan. Komunikasi yang baik akan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan team work yang solid. Permasalahan seperti miss communication pun dapat diminimalisir.

7. Mampu Bekerja Sama Dalam Tim

Bekerja dalam suatu perusahaan artinya harus siap berhubungan dengan banyak orang karena Anda tidak bekerja secara independen. Akan banyak momen yang menuntut karyawan untuk bekerja dalam tim. Sehingga seorang karyawan harus mampu bekerja sama dengan baik bersama timnya.

8. Memahami Situasi Atasan

Seorang atasan tentunya memiliki tanggung jawab dan beban yang lebih besar di perusahaan. Sebagai bawahan, kamu bisa membantunya dan membuatnya menyukaimu dengan cara memahami situasi dan mendukung misinya yang selaras dengan perusahaan.

Cobalah dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang simpatik sekaligus antusias positif. Kemudian, bantu dia dalam mencari solusi masalah dengan berdiskusi.

9. Mengakui Kesalahan

Setiap orang tentunya selalu belajar dari segala kesalahan maupun kegagalan. Jadi, jika Anda ingin disukai oleh atasan di kantor, maka akuilah kesalahan yang sudah diperbuat. Jangan sampai Anda malah menyalahkan orang lain atau rekan kerja satu tim. Mengatakan hal yang sebenarnya dapat membuat atasan menghargai kejujuranmu.

10. Menyelesaikan pekerjaan dengan efisien

Ini adalah trik jitu yang penting. Jika ingin membuat atasan menyukai Anda, Anda harus jadi orang yang dapat dipercaya. Salah satu cara paling jitu adalah menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu. Anda harus teliti dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebab, tidak ada gunanya jika selesai lebih cepat, tapi atasan harus membuat Anda melakukan revisi berkali-kali.

Sekian artikel tentang tips menjadi bawahan yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai


Editor: Theo Adi -

     

Komentar