Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Profesi Berbahaya Di Dunia
Siker.id | 01 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Terkadang Anda pasti pernah merasa bosan dan muncul ketika sedang bekerja. Sebenarnya, ada banyak profesi yang bisa Anda jalani sesuai minat dan keahlian, namun terkadang tidak menjadi hal yang mudah. Bersyukurlah, karena ternyata di luar sana ada banyak orang yang memiliki profesi tidak terpikirkan oleh Anda.

Berikut ini adalah beberapa profesi dimana seseorang bekerja dengan medan yang berbahaya.

Baca juga : 5 Profesi Menarik Dalam Industri Kreatif

1. Penambang Belerang

Penambang belerang terdapat di Kawah Ijen, Jawa Timur. Profesi ini adalah salah satu profesi yang paling berbahaya di dunia. Para penambang belerang ini setiap harinya harus turun ke kawah mengambil belerang tanpa peralatan dan perlengkapan keselamatan apapun.

Hanya berbekal keranjang yang dipanggul dan penutup mulut saja, para penambang harus melawan tebalnya asap yang dihasilkan dari belerang di kawah tersebut. Asap tersebut jika dihirup terlalu lama dapat menjadi beracun dan mengancam nyawa para penambang. 

2. Wartawan Perang

Bertugas di wilayah konflik atau yang sedang dilanda perang bukanlah perkara mudah. Para wartawan perang dihadapkan dengan berbagai macam bahaya yang mungkin terjadi, seperti penculikan, penyiksaan jika tertangkap, dan tentu saja kematian.

Meskipun sudah ada konvensi internasional bahwa dalam perang wartawan tidak boleh menjadi sasaran, namun tetap saja selalu ada wartawan yang menjadi korban.

Baca juga : 3 Profesi Terbaik Lulusan Teknik Mesin

3. Tukang Las Bawah Laut

Tukang las bawah laut tentu menjalani profesi ini dengan risiko yang lebih besar. Tukang las yang bekerja di dalam air biasanya bekerja untuk memperbaiki kapal, bendungan, pipa bawah laut, dan lain-lain.

Tukang las diharuskan untuk menyelam di dalam air dalam waktu berjam-jam dengan tabung selam. Mereka tidak diberikan alat komunikasi dan berisiko terjebak dalam area dengan tekanan yang cukup tinggi.

4. Pengebor Minyak Lepas Pantai

Profesi ini merupakan profesi yang juga memiliki banyak risiko yang berat. Mulai dari harus bekerja di tengah laut yang jauh dari akses manapun, bekerja dengan durasi kerja yang lama, jauh dari keluarga, hingga risiko jika terjadi kecelakaan kerja yang mengancam nyawa.

Terkadang pekerja pengeboran minyak lepas pantai harus bekerja selama 16 jam secara terus-menerus. Mereka bahkan bisa tidak tidur selama satu atau dua hari. Selain itu, ada banyak risiko yang mengancam keselamatan seperti kebakaran, ledakan, tenggelam, dan kecelakaan karena alat pengeboran adalah beberapa di antara risiko yang harus dihadapi.

5. Pembersih Jendela Gedung Pencakar Langit

Profesi ini tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya orang-orang yang tidak takut ketinggian dan berani lah yang bisa melakukan pekerjaan ini. Meskipun terdengar sepele, tetapi menjadi pembersih jendela gedung pencakar langit bukan perkara yang mudah.

Orang dengan profesi ini sama saja bertaruh nyawa karena harus berada di ketinggian. Meskipun para pembersih jendela ini memakai peralatan keselamatan, tetapi kesalahan kecil dapat membuat akibat yang fatal, tidak terkecuali dapat menyebabkan para pembersih jendela kehilangan nyawa mereka.

Itulah dia beberapa profesi dengan medan kerja yang berbahaya, maka jangan lupa bersyukur ya untuk pekerjaan yang sedang kita jalani.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Profesi Cocok Untuk Yang Hobi Traveling


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar