Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Tugas Video Editor Dalam Perusahaan Media?
Siker.id | 19 Nov 2021 16:00


Bagikan ke
Video editor memiliki peran penting dalam mempercantik sentuhan akhir sebuah video. (siker)

siker.id - Secara umum pengertian profesi editor video adalah sebuah pekerjaan yang memilki tugas mengumpulkan serta mengolah sejumlah video yang telah tersedia. Seorang editor video akan menyatukan semua materi video menjadi sebuah karya yang nantinya akan dinikmati oleh banyak orang atau telah siap disebarluaskan. Bisa dikatakan editor video adalah seseorang yang menjadi kunci dalam kegiatan pascaproduksi. Mereka yang akan menentukan suatu kualitas dalam produk video yang akan dibuatnya.

Baca juga: Berikut Ini 10 Peluang Kerja Lulusan Sistem Informasi

Peran dan Tanggung Jawab Video Editor

Adapun yang menjadi peran dan tanggung jawab seorang video editor baik dalam dunia film maupun content creator adalah:

• Melakukan pemilihan shot dalam produksi video.

• Menyunting atau mengumpulkan video yang sudah diambil maupun direkam.

• Menyusun ulang potongan rekaman video sesuai dengan naskah atau skenario.

• Memotong video sesuai dengan durasi.

• Menyusun ulang potongan video yang telah disesuaikan dengan durasi.

• Memilih gambar-gambar yang dibutuhkan, memberikan efek dan manipulasi grafik lainnya untuk meningkatkan tampilan video agar lebih menarik dan terhindar dari gambar-gambar yang mengganggu jalannya cerita.

• Membuat informasi teks atau keterangan lain yang berhubungan sama materi video.

Pengetahuan yang Harus Dimiliki Seorang Video Editor

1. Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

2. Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

3. Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Keterampilan/Skill yang Harus Dikuasai Editor Video

1. Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

2. Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

3. Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

4. Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Baca juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?

5. Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

6. Pemrograman

Menulis program komputer untuk berbagai tujuan.

7. Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Jenjang Karier

Saat Anda memilih untuk bergabung dalam sebuah tim pada suatu perusahaan untuk mengerjakan project bersama daripada bekerja sebagai video editor freelancer sendiri maka akan nampak terbagi dalam beberapa tingkatan struktur tim video editor. Jika ingin serius mendalami profesi editor video sebaiknya Anda mengetahui tentang jenjang karirnya sebagai berikut:

1. Staff Editor Video

Seorang yang masih terbilang pemula dalam pekerjaan dibidang ini, diawali dengan menjadi seorang staff editor video. Pada tingkatan ini kamu akan lebih sering mengerjakan proses editing video sesuai dengan arahan kesepakatan tim ataupun dari atasan.

2. Koordinator Editor Video

Kalau Anda memberikan kinerja yang bagus dan memuaskan dalam hal mengedit video, sangat memungkinkan untuk naik level. Tingkatan selanjutnya yaitu menjadi koodinator editor video, yang memberikan kesempatan untuk memberikan suatu masukan dan solusi untuk setiap proyek video atau film yang akan digarap.

3. Direktur Artistik

Tingkatan selanjutnya merupakan level tertinggi dari jenjang karir seorang editor video. Kalau Anda menjabat sebagai direktur artistik, maka Anda akan memiliki tugas sebagai pemberi ide serta dapat memikirkan suatu konsep film secara keseluruhan.

Sekian artikel tentang tugas video editor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar