Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Media Sosial Terbaik Untuk Promosi Bisnis
Siker.id | 27 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Jaman sudah semakin maju dan canggih, era digital seperti ini sudah banyak para pelaku bisnis yang mengikuti jaman dengan promosi bisnisnya menggunakan media sosial. Selain banyak orang yang antusias dengan media sosial, promosi menggunakan media sosial juga sangat efektif dalam penjualan.

Apa saja sih media sosial terbaik yang digunakan untuk promosi bisnis? Simak berikut ini.

Baca juga : 4 Media Sosial untuk Desainer Grafis

1. Google Shopping

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan Google Ads. Media promosi online satu ini memiliki beberapa pilihan campaign berbeda yang bisa kamu pilih. Jika goals dari promosi yang kamu lakukan adalah meningkatkan penjualan, Google Shopping bisa menjadi campaign yang relevan untuk kamu pilih. 

Iklan di Google Shopping berisikan gambar produk, harga, dan link ke toko online kamu. Informasi spesifik ini sangat cocok menyasar audiens yang memang siap berbelanja. Jika ingin menggunakan Google Shopping untuk berpromosi, kamu perlu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center.

2. Facebook Ads

Tak heran jika sejak dulu Facebook Ads jadi media yang efektif untuk mempromosikan bisnis. Demografi pengguna Facebook di Indonesia beragam mencakup berbagai kelompok usia. Ini akan memudahkan kamu untuk menentukan target iklan dengan spesifik.

Perlu diketahui bahwa iklanmu enggak hanya akan muncul di Facebook, tapi juga bisa muncul di website lain yang bekerja sama dengan Facebook. Biaya Facebook Ads juga tergolong murah karena mulai dari Rp 10.000 kamu sudah bisa pasang iklan. 

3. Instagram Ads

Kalau kamu punya katalog toko online di Instagram, tak ada salahnya menggunakan media satu ini untuk meningkatkan followers dan meningkatkan penjualan tokomu. Sama halnya Facebook Ads, budget iklan di Instagram juga ringan. Kamu dapat mulai memasang iklan dengan Rp 20.000 saja.

Baca juga : 3 Strategi Sosial Media Marketing dalam Menghadapi Krisis

4. TikTok Ads

Selain fitur iklan, kamu pada dasarnya juga bisa dengan mudah meningkatkan views video TikTok secara organik. Di TikTok terdapat fitur For You Page (FYP) di mana kamu dapat melihat postingan dari akun yang relevan denganmu meskipun belum kamu follow.

Kamu tidak perlu membayar untuk masuk ke FYP. Beberapa cara agar konten kamu masuk FYP adalah dengan membuat konten yang bagus, mengikuti tren, menggunakan hastag yang relevan, mengikuti challage, dan sebagainya.

5. Endorsement

Selain menggunakan fitur ads di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, hingga Twitter, kamu juga bisa menggunakan jasa endorsement dari para influencer. Kamu bisa memilih influencer yang sesuai dengan target pasarmu. Jika ingin memulai dengan bujet yang kecil, pilihlah jasa micro influencer lebih dulu.

Umumnya tarif yang dikenakan berbeda tergantung berapa banyak followers dari influencer tersebut dan bentuk konten yang dipromosikan. Misalnya di Instagram, biaya untuk promosi di feeds biasanya akan lebih mahal dibandingkan promosi di Instagram story karena iklan di Instagram story hanya bertahan 24 jam.

Demikian di atas tadi beberapa media sosial terbaik dalam mempromosikan bisnis serta produk bisnis Anda, semoga membantu dalam meningkatkan brand awareness serta penjualan bisnis Anda ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Tanda Oversharing Di Media Sosial


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar