Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Lulusan Jurnalistik, Baca Ini
Siker.id | 21 Nov 2021 10:10


Bagikan ke

siker.id - Jurnalistik bisa dikatakan sebagai program studi paling dinamis di antara yang lainnya. Jurnalistik merupakan sebuah kegiatan mencari, mengolah, dan menyebarluaskan berita kepada khalayak melalui media massa. Pada program studi jurnalistik kita akan diajarkan teknik mencari, menulis, dan menyunting berita, dan bagaimana pula berita tersebut didistribusikan malalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Para mahasiswa bisa memilih untuk mendalami jurnalistik sesuai dengan pilihan medianya. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memahami karakter media dan perubahannya. Proses pembentukan berita media cetak dan elektronik tentu saja berbeda. Para jurnalis media cetak harus memperkuat logika dan keahlian menulisnya, sedangkan jurnalis radio dan televisi mempelajari broadcasting sehingga harus selalu melatih kekuatan verbalnya. Selain itu, dengan cepatnya pertumbuhan media online saat ini, para jurnalis harus bisa memproses berita secara lebih cepat.

Baca juga: Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini

Bagi yang masih bingung memilih jurusan kuliah dan kemudian mencoba mempertimbangkan jurusan jurnalistik. Tentunya perlu mengecek beberapa hal sebelum memutuskan mengambil jurusan ini. Salah satu pertimbangannya adalah melihat prospek kerjanya, sebab tidak ada calon mahasiswa yang ingin menganggur lama dan sampai bertahun-tahun setelah lulus. Maka memilih jurusan dengan prospek kerja luas dan menjanjikan selalu menjadi prioritas.

Jika kamu menimbang masalah ini, maka tidak perlu ragu masuk ke jurusan jurnalistik. Sebab ada banyak profesi bisa ditekuni pasca lulus, diantaranya adalah:

1. Jurnalis

Pastinya, lulusan Jurnalistik cakap dan mahir bekerja sebagai jurnalis atau wartawan. Jika profesi ini yang dipilih, kamu akan menuliskan berita secara teratur dan kemudian tulisan atau laporan tersebut dimuat dimedia massa secara teratur pula. Media massa yang mempublikasikan berita tersebut bisa berupa koran, radio, televisi, film dokumentasi, majalah, maupun online.

2. Web Content Editor

Saat ini semakin banyak perusahaan dan lembaga membuka lowongan Web Content Editor. Yakni bertugas untuk mengedit dan bahkan menulis artikel dan informasi apapun di website perusahaan dan lembaga.

Semakin kesini, lembaga pemerintahan baik itu di tingkat kelurahan sampai di tingkat departemen mendirikan website lembaga yang dikenal juga dengan istilah website corporate. Sehingga membuka lowongan web content editor yang bisa diisi oleh lulusan jurnalistik.

3. Pengarah Acara Televisi

Profesi ini bertugas merencanakan dan menjadwalkan acara dan program televisi. Durasi siaran, rating, demografi penonton, ketersediaan waktu, dan berbagai faktor lain turut mempengaruhi rencana dan jadwal yang disusunnya. Selain memastikan ketertiban jadwal, pengarah acara televisi juga turut memimpin jalannya proses syuting.

Itulah sebagian dari prospek kerja alumni atau lulusan Jurnalistik. Terlepas dari statusnya sebagai jurusan, program studi, ataupun peminatan, keberhasilan karir jurnalistik seseorang tergantung pada kecakapannya dalam beradaptasi dan mengembangkan diri. So, is it you?

Baca juga: Jurusan Manajemen Perkantoran? Begini Prospek Kerjanya

4. Trainer di Bidang Jurnalistik

Menekuni profesi di bidang jurnalistik membuat kamu paham seluk beluk dunia jurnalis. Sehingga bisa menjadi trainer atau pembicara di acara seminar maupun di acara motivasi.

Pendapatannya lumayan, dan masa pandemi seperti sekarang acara webinar dengan tema tertentu sering diadakan. Jika mengangkat tema jurnalis, kamu punya kesempatan besar menjadi pembicara di dalam webinar tersebut.

5. Reporter

Sebagai bagian dari jurnalistik, seorang reporter bertugas melakukan peliputan berita dilapangan dan melaporkannya untuk berbagai media. Televisi, radio, majalah, maupun surat kabar adalah sebagian dari media yang memuat hasil peliputan reporter. Tangkas dan bekerja cepat merupakan kualitas yang diperlukan untuk menjadi seorang reporter agar berita siap sebelum publikasi atau waktu penyiaran.

6. Mendirikan Media

Jika lebih tertarik untuk menjadi seorang pengusaha, maka setelah lulus kamu bisa mendirikan perusahaan media sendiri. Baik itu media cetak, media elektronik, maupun media digital.

Kamu punya bekal ilmu yang cukup untuk mengelola sebuah perusahaan berita. Sehingga bisa menjadi bos setelah lulus, dan prospek ini cocok untuk kamu yang memang punya minat maupun bakat menjadi pengusaha.

Sekian artikel tentang Prospek Kerja Lulusan Jurnalistik, Baca Ini. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Anda Ingin Lolos Tahapan Interview User Berikut Tipsnya

 


Editor: Bagus -

     

Komentar