Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Staff Finance, Wajib Punya Skill Ini
Siker.id | 19 Nov 2021 18:40


Bagikan ke

siker.id - Profesi finance umumnya diberikan amanah dalam mengelola keuanganan perusahaan dalam memaksimalkan lama dari investasi sekaligus meminimalkan adanya resiko yang terjadi, dan juga memastikan struktur kontrol memadain untuk transfer juga investasi dana. Bekerja sebagai profesi finance memberikan saran untuk klien berkaitan perencanaan bisnis dengan tepat hingga membantu proses pengambilan keputusan dalam memastikan bahwa bisnis ini sukses dari segi finansial.

Hal ini memberikan kemungkinan nasihat investasi, pensiun maupun produk asuransi, juga tabungan. Berbagai perusahaan memperkerjakan seorang finance yaitu, lembaga keuangan, perusahaan asuransi, supermarket, badan amal, produsen, pemerintah daerah, utulitas, organisasi industri, otoritas kesehatan, pengecer, perusahaan IT, universitas atau perguruan tinggi, dan perusahaan teknik.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Sastra Jepang?

Tentunya profesi ini sangat menarik mengingat banyaknya bidang pekerjaan pasti memerlukan divisi finance dalam mengatur keuangan bisnis, kantor, lembaga, instansi dan juga perusahaan. Tidak mengherankan jika banyak pelamar yang ingin bekerjar di bidang ini karena posisi lowongan kerja sebagai finance biasanya selalu dibutuhkan dimana- mana. Mari ketahui lebih lanjut mengenai Skill yang di miliki oleh staf finance berikut ini.

1. Budgeting dan Analisis

Finance staff juga menangani budgeting dan analisis keuangan perusahaan. Mereka akan diminta membuat budget yang kecil, namun mendatangkan keuntungan yang besar.

Lalu, rencana budget itu direkomendasikan kepada para petinggi perusahaan. Meski keputusan ada di tangan petinggi-petinggi ini, mereka tetap membutuhkan saran staf keuangan.

Pasalnya, tak semua jajaran eksekutif mengetahui risiko keuangan bisnis dan perusahaan. Staf finansial bisa membantu mereka memahami semua ini.

2. Perhatian Pada Detail Dan Teliti

Pekerjaan seorang akuntan adalah pekerjaan yang benar-benar harus dikerjakan dengan teliti. Sebagai seorang akuntan, Kamu harus memiliki sikap teliti dan memiliki perhatian terhadap detail-detail terkecil dari pekerjaan Kamu. Segala hal yang dikerjakan dengan detail akan memberi hasil yang akurat.

3. Mahir Mengoperasikan Komputer

Saat menjalankan tugas-tugasnya, finance staff biasanya menggunakan Microsoft Excel. Di zaman sekarang, laporan keuangan ditulis di dokumen ini.

Itulah mengapa, keterampilan ini sangat dibutuhkan. Jika tak memahami langkah penggunaan software ini, staf keuangan bisa kesulitan bekerja.

4. Memastikan kebenaran laporan keuangan

Perusahaan tentu punya sebuah laporan keuangan. Nah, finance staff adalah orang yang bertanggung jawab mengecek kebenarannya.

Ketika ada angka yang kurang wajar, mereka juga akan melakukan investigasi. Dengan begitu, laporan keuangan menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenarnya.

5. Pemecahan masalah

Finance staff juga harus mahir memecahkan masalah. Skill ini masih berkaitan dengan analisis, salah satu tugas finance staff.

Ketika ada masalah finansial, baik kecil maupun besar, staf keuangan bertanggung jawab merancang saran solusinya.

Sekian artikel tentang Staff Finance, Wajib Punya Skill Ini. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertanian, Wajib Baca Ini

 


Editor: Bagus -

     

Komentar