Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya
Siker.id | 19 Nov 2021 14:45


Bagikan ke

siker.id - Sales merupakan suatu profesi kompleks, di mana kamu harus bisa menjual berbagai produk yang dapat ditawarkan oleh perusahaan. Mulai dari produk berupa barang, hingga kerjasama seperti iklan dan sebagainya.

Apapun produk yang kamu jual, untuk dapat unggul di dunia penjualan yang bergerak cepat ini, kamu perlu memerlukan beberapa skills tertentu.

Profesi sales biasanya adalah pekerjaan yang digeluti oleh orang-orang komunikatif serta berpengetahuan luas. Akan tetapi tidak sedikit orang-orang yang beranggapan bahwa pekerjaan sebagai sales itu terlalu berat, karena harus berhadapan dengan orang banyak.

Oleh karenanya, guna menjadi seorang penjual yang baik, kamu harus melatih terus cara berkomunikasi dengan orang banyak. Karena kunci utama suksesnya seorang sales adalah komunikasi.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Teknik Pertambangan

Untungnya kesuksesan bukan bawaan lahir, melainkan hasil dari kerja keras. Selain itu, kalau kamu ingin lebih sukses lagi menjadi seorang sales, lebih baik pelajari 6 keahlian wajib berikut ini.

1. Memiliki Kemampuan Komunikasi

Skill yang pertama harus dimiliki seorang sales adalah obrolan yang ringan. Mengapa kemampuan menyajikan obrolan ringan ini harus dikuasai? Sebab, sebelum memulai penawaran, Anda harus bisa mencairkan suasana dan membuat pelanggan merasa nyaman terlebih dahulu saat mereka bersama Anda. Dengan melakukan obrolan ringan diharapkan bisa membuat pelanggan fokus menyimak penawaran yang akan Anda lakukan di sela-sela pembicaraan ringan yang dilakukan. Jika dari awal pelanggan sudah tidak nyaman dan merasa bosan, Anda sebagai tenaga penjual akan sulit mencapai closing.

2. Menentukan Prospek Dengan Tepat

Menemukan prospek yang tepat sama saja seperti menambang berlian, sehingga kamu harus mengetahui perbedaan antara batu kerikil dengan butiran berlian. Agar kekeliruan tidak terjadi, sebagai seorang sales kamu harus teliti dalam mengidentifikasi prospek yang tepat. Keahlian ini sudah jadi hal wajib yang perlu kamu miliki terutama pada persaingan sales yang kompetitif.

Sebab akan sangat sia-sia bila kamu menghabiskan banyak waktu untuk mengeluarkan segala usaha pada prospek yang tidak menghasilkan, karena tidak semua prospek dapat menghasilkan penjualan. Untuk itu, kamu perlu mengevaluasi secara mendalam agar dapat menentukan prospek yang tepat.

Ketika sudah terbiasa melakukan hal di atas, instuisi kamu sebagai sales akan semakin tajam.

3. Bisa Membangun Kepercayaan Pelanggan

Dalam melakukan strategies, Anda sebagai seorang penjual harus bisa membangun trust atau kepercayaan pelanggan atas produk yang Anda tawarkan. Ketika membangunnya, Anda perlu memperhatikan 3 faktor. Pertama, buatlah kecocokan atau kemiripan yang ada di antara kedua belah pihak secara cepat atau dikenal dengan teknik mirroring. Teknik ini akan memudahkan Anda sebagai tim sales untuk menirukan gerak-gerik lawan bicara Anda, seperti mengusap rambut, menyentuh hidung, dan lainnya. Dengan begini, calon pelanggan akan lebih antusias lagi untuk terlibat percakapan dengan Anda.

4. Melontarkan Pertanyaan yang Cerdas

Pertanyaan yang cerdas akan mendapatkan jawaban yang cerdas pula, begitu juga dalam hal penjualan. Kamu harus paham jika menjual tidak hanya menawarkan produk saja. Dalam lingkup yang lebih luas, kamu juga melakukan pelayanan, memecahkan masalah dan memberi solusi. Akan tetapi sebelum kamu memberikan solusi pada konsumen, kamu harus mengidentifikasi dulu masalahnya. Cara yang paling tepat untuk menemukan masalah tidak lain adalah dengan menanyakan hal yang tepat.

Para sales yang sukses mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen melalui pertanyaan cerdas yang mereka lontarkan. Bahkan dari itu mereka sampai mampu memberi semua kebutuhan yang konsumen inginkan.

Agar mampu bertanya secara cerdas dan mendapat jawaban yang tepat, kamu harus mampu memilah kata-kata menjadi pertanyaan yang membantu, relevan, dan spesifik. Ketika sudah mendapat jawaban yang dibutuhkan, barulah kamu boleh menawarkan produk atau layanan yang bisa menjadi solusi untuk masalah mereka.

5. Bisa Membuat Sebuah Penawaran

Sebagai tim sales, termasuk yang bekerja di digital advertising agency, Anda tentu harus bisa membuat sebuah penawaran. Agar saat melakukan penawaran Anda tidak sampai mengalami penolakan, Anda perlu sering latihan. Tapi, ada yang harus digarisbawahi, jangan sampai Anda memberikan penawaran secara paksa, ini tentu akan membuat calon pelanggan kehilangan respect kepada Anda.

6. Menjadi Pendengar yang Baik

Skill penting lainnya yang harus dimiliki seorang sales adalah menjadi pendengar yang baik. Sebab kenyataannya, keahlian ini juga bisa meningkatkan produktifitas seorang sales. Akan tetapi, sayangnya skill menjadi pendengar yang baik masih terbilang langka dimiliki oleh para sales kebanyakan.

Menjadi pendengar yang baik, pada dasarnya dapat membangun hubungan yang berkualitas dengan konsumen, sehingga kamu bisa mengerti pemikiran dan opini apa saja yang mereka maksudkan dan kemungkinan ini dapat bermanfaat juga untuk penjualanmu.

Menjadi pendengar yang baik juga membantu kamu untuk menunjukkan pada konsumen bahwa kamu sangat memerhatikan dan peduli pada permasalahan mereka.

Sekian artikel tentang Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Pengusaha Wajib Daftar BPJS Kesehatan karyawannya?

 


Editor: Bagus -

     

Komentar