Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Hal Buruk Jika Menolak Kerja Lembur
Siker.id | 17 May 2022 16:00


Bagikan ke
Menolak kerja lembur (siker)

siker.id - Bukan rahasia bila lembur adalah hal yang lumrah terjadi dalam dunia kerja. Biasanya hal tersebut dilakukan ketika ada tugas pekerjaan yang sifatnya sangat penting atau sebagai sarana bagi atasan untuk menguji dedikasi serta loyalitas bawahannya dalam bekerja. Namun, gak semua karyawan mau untuk bekerja lembur. Hal ini disebabkan banyak yang berpendapat bahwa kerja lembur itu bertentangan dengan prinsip work-life balance. Namun bagaimanapun juga, kamu harus mencoba menyingkirkan anggapan tersebut. Sebab, ada beberapa hal buruk yang akan kamu terima jika gak mau kerja lembur. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

Baca juga: Tips Agar Badan Fit Walau Sering Lembur

Kamu bakal susah mendapatkan promosi

Mendapatkan promosi atau kenaikan pangkat jabatan dalam perusahaan adalah impian semua karyawan. Salah satu cara untuk bisa mendapatkannya adalah lewat kesediaan dan kesanggupan seorang karyawan untuk bekerja lembur. Sebab ini menunjukkan bahwa ia adalah sosok karyawan yang siap mengemban tanggung jawab lebih. Lantas, bagaimana jika kamu malah menolaknya? Bisa dipastikan bahwa perjalanan kariermu bakal mentok di satu titik saja karena sudah membuang kesempatan emas tersebut.

Mendapatkan penilaian minus

Terkadang, ada saja penilaian minus yang kerap dialamatkan kepada karyawan yang selalu menolak kerja lembur. Biasanya karyawan yang seperti itu dinilai sebagai sosok karyawan yang pemalas dan gak serius dalam hal pekerjaan. Sebenarnya mau bekerja lembur atau gak itu adalah pilihanmu. Namun, kamu harus memilih untuk melakukannya karena itu akan berpengaruh sangat besar terhadap nilai dirimu di mata rekan-rekan kerjamu.

Baca juga: 3 Cara Menghindari Kerja Lembur di Kantor

Kalau masih dalam masa probation, kamu bisa saja dipecat

Ketika gak mau bekerja lembur, perusahaan bisa saja gak segan-segan untuk memecatmu. Apalagi kalau kamu masih dalam masa probation, di mana itu adalah sesuatu yang sangat dilarang karena menunjukkan kesan gak profesional. Padahal salah satu hal yang jadi penilaian dalam masa seperti ini adalah totalitas dalam menyelesaikan tanggung jawab, termasuk kesediaan dalam menerima tugas lembur. Namun, jika kamu menolaknya, maka pihak perusahaan akan meragukan kinerjamu di masa mendatang.

Sekian artikel tentang hal buruk jika menolak kerja lembur. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Faktanya Karyawan Usia Produktif Tidak Bahagia Lembur


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar