Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Utama Membangun Relasi yang Kuat
Siker.id | 15 May 2022 07:00


Bagikan ke
Bangun relasi yang kuat (siker)

siker.id - Tidak bisa kita pungkiri, bahwa memiliki banyak relasi itu menguntungkan di masa depan. Akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu punya banyak relasi. Semakin banyak relasi yang kamu miliki, akan semakin banyak pula kesempatan atau hal-hal baru yang akan kamu dapatkan nantinya. Manfaat lain yang kamu dapatkan ketika punya banyak relasi adalah dapat mempermudah dirimu untuk mengatasi beberapa masalah dalam kehidupan. Sayangnya, masih banyak orang yang merasa ragu atau canggung untuk membangun relasi. Berikut ini tiga tips yang bisa kamu terapkan dalam membangun dan memperbanyak relasi.

Baca juga: Beberapa Manfaat Membangun Relasi Di Dunia Kerja

Aktif bergabung dalam komunitas yang kamu minati

Dengan bergabung ke komunitas yang kamu suka, akan membuka peluangmu untuk menjalin relasi dengan orang yang memiliki minat yang sama denganmu. Kalau kamu suka menulis, cobalah bergabung ke komunitas menulis, dengan begitu kamu akan bertemu dengan orang-orang yang juga suka menulis. Bukankah menyenangkan dikelilingi oleh orang-orang yang punya minat sama denganmu? Bersikaplah aktif dalam setiap forum yang diadakan, sehingga orang akan lebih mengenalimu.

Manfaatkan media sosial untuk menjangkau orang banyak

Memanfaatkan media sosial adalah cara yang ampuh untuk membangun dan memperbanyak relasi. Bagaimana tidak? Lewat media sosial memungkinkan kamu untuk menjangkau lebih banyak orang. Cobalah untuk DM orang-orang yang punya minat yang sama denganmu. Tapi balik lagi, kamu harus memikirkan value apa yang bisa kamu berikan kepada mereka. Jaga koneksi yang kamu miliki dengan memanfaatkan media sosial. Usahakan untuk hadir (comment, like, share) ketika mereka baru post sesuatu. Ini akan menambah kemungkinan mereka melihat dan membalas.

Baca juga: Tips Menjalin Relasi Kerja yang Positif

Berpartisipasi aktif dalam setiap project atau kegiatan yang ada bersama relasi kamu

Ketika relasimu mengadakan suatu kegiatan, cobalah untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Misalnya, ketika relasimu sedang mengadakan seminar, cobalah luangkan waktumu untuk hadir pada seminar tersebut. Jangan ragu juga untuk menawarkan bantuanmu jika relasimu membutuhkannya. Dengan begitu, relasimu akan melihat bahwa kamu adalah orang menguntungkan untuknya.

Sekian artikel tentang tips membangun relasi yang kuat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mengembangkan Relasi Profesional


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar