Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Maksimalkan Profil Linkedin untuk Dapat Pekerjaan
Siker.id | 14 May 2022 07:00


Bagikan ke
cara memaksimalkan profil linkedin (siker)

siker.id - LinkedIn adalah jejaring sosial besutan Microsoft yang dibuat khusus untuk menghubungkan perusahaan dan pencari kerja. Jutaan perusahaan dan profesional dari berbagai negara telah tergabung di platform ini. LinkedIn layaknya sebuah resume online dimana kamu bisa memublikasikan keterampilan dan pekerjaanmu untuk menemukan peluang baru. Beberapa perusahaan mengizinkan calon kandidat mengajukan lamaran langsung melalui profil LinkedIn. Bahkan, ada pula perusahaan besar yang mencari profesional potensial melalui platform ini. Jika kamu pengguna LinkedIn, berikut tips memaksimalkannya agar mendapatkan pekerjaan impian!

Baca juga: 3 Strategi Sosial Media Marketing dalam Menghadapi Krisis

Bergabung dengan grup yang relevan

Kamu dapat bergabung dengan pengguna lainnya dari berbagai belahan dunia di LinkedIn. Grup dibuat berdasarkan berbagai bidang dan minat, misalnya industri media, penulis, periklanan dan lainnya. Semua grup bertujuan untuk menyatukan para profesional. Maksimalkan grup dengan membuat konten-konten unik berupa berita atau referensi yang relevan. Kamu juga bisa memberikan tanggapanmu terhadap topik yang tengah hangat dibahas. Berkontribusi pada percakapan yang sedang berlangsung di grup membantumu untuk memperluas jaringan hingga melatih keterampilan. Ingat, jangan pernah mengirim spam ke grup karena bisa saja mengganggu pengguna lainnya.

Hapus informasi yang sudah gak relevan

Sama halnya seperti resume, profil LinkedIn juga sebaiknya up to date. Kamu disarankan untuk menghapus pengalaman yang sudah gak relevan dengan zaman. Profil yang ringkas lebih menarik perhatian. Kamu gak perlu memperpanjang daftar pengalaman kerja berisi hal yang gak terkait dengan karier yang kamu kejar saat ini. Kesenjangan atau riwayat kerja yang gak relevan berpengaruh pada asumsi perekrut mengenai profilmu. Perbaharui setiap informasi yang diperlukan, termasuk kontak, kota tempat tinggal, dan lain sebagainya. Faktor ini memudahkan perekrut untuk menghubungimu.

Baca juga: 4 Media Sosial untuk Desainer Grafis

Ikuti profil perusahaan yang menawarkan pekerjaan impianmu

Selain bisa terhubung dengan profesional lainnya, kamu juga bisa mengikuti profil perusahaan. Lihat perusahaan-perusahaan besar atau yang menawarkan posisi pekerjaan yang kamu inginkan. Mereka biasanya membagikan informasi rekrutmen atau informasi lain terkait bisnis mereka. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari bagaimana mereka menggunakan LinkedIn untuk keperluan publikasi. Tentu saja ini berguna jika suatu saat kamu masuk ke tahap proses wawancara.

Sekian artikel tentang cara memaksimalkan profil linkedin untuk mendapatkan pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Media Sosial Pilihan Digital Marketer


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar