Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Akuntansi
Siker.id | 16 May 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Profesi akuntansi adalah salah satu yang sangat menjanjikan, karena semua bidang bisnis dan perusahan pasti membutuhkan. Akuntansi dikatakan sebagai “nyawa” administrasi sebuah perusahaan, besar kecilnya perusahaan tetap membutuhkan akuntansi meskipun takarannya yang berbeda.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Marketing

Lalu apa saja sih profesi untuk sarjana akuntansi? Simak berikut ini.

1. Akuntan

Profesi akuntan adalah profesi yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, terutama perusahaan yang besar. Karena seorang akuntan akan bertanggung-jawab atas setiap laporan keuangan/financial statment dalam perusahaan tersebut.

Karena itulah, akuntan sangat dibutuhkan dalam menganalisis keuangan termasuk didalamnya laba rugi, keluar masuk uang yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan utama penentuan kebijakan perusahaan kedepannya.

Baca juga : Beberapa Jurusan Kuliah Dengan Gaji Tinggi

2. Internal Auditor

Internal auditor bertugas memerika/mengaudit secara internal dalam perusahaan untuk kepentingan bagian manajemen perusahaan. Auditor bertugas memastikan hasil laporan keuangan sesuai dengan aslinya.

Selain itu juga internal auditor memiliki kewajiban untuk memastikan pihak manajemen telah melakukan tugas dan fungsinya secara efisien untuk kemajuan perusahaan.

3. Akuntan Pajak

Akuntan Pajak adalah akuntan yang bertugas menghitung nilai pajak suatu perusahaan. Tidak sekedar menghitung pajak yang harus dibayarkan, tetapi juga menganalisis dan memberikan saran kepada manajemen supaya harga pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah bisa seminimal mungkin tetapi tidak mencurangi peraturan pajak.

Itulah dia beberapa prospek kerja untuk kamu lulusan sarjana akuntansi, semoga dapat membantu kamu dalam menentukan karir ya!

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Prospek Kerja Lulusan STSN


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar