Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lulusan Ilmu Biologi, Simak Prospek Kerjanya
Siker.id | 18 Nov 2021 20:05


Bagikan ke

siker.id - Biologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup serta hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Beberapa topik utama Jurusan Biologi meliputi: Biologi Kelautan, Biologi Perkembangan, Ekologi, Fisiologi Tumbuhan, Fisiologi Hewan, Genetika, Mikrobiologi, dan Taksonomi.

Secara umum, jurusan Biologi sangat cocok bagi kalian yang mempunyai jiwa petualang, suka akan hewan atau tumbuhan, dan suka membaca. Selain itu, bagi kalian yang memilih peminatan di Fisiologi Hewan atau Genetika

Tentunya, ilmu dari biologi sangat diperlukan bagi suatu organisasi, lembaga, instansi, pemerintahan, maupun perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan biologi untuk mengisi berbagai macam pekerjaan.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?

Ada beberapa prospek dan peluang kerja yang bisa kamu ketahui antara lain:

1. Promotor Kesehatan

Promotor kesehatan berperan dalam mengajari orang-orang untuk berperilaku yang mendorong kebugaran dan kesehatan.

Kamu akan bertugas untuk mengembangkan dan menerapkan strategi yang baik untuk meningkatkan kesehatan individu dan komunitas.

Tentunya, tugas dari health educator akan bervariasi tergantung pada pekerjaan dan tempat bekerja.

Sebagian besar dari health educator akan bekerja di fasilitas kesehatan, perguruan tinggi, departemen kesehatan, organisasi non profit, dan swasta.

2. Ahli Biologi

Ahli biologi akan mempelajari tentang manusia, hewan, tumbuhan dan bakteri untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana tubuh dan alam bekerja serta bagaimana faktor eksternal bisa mempengaruhi setiap organisme.

Ketika mempelajari biologi bisa saja sangat kompleks dan beragam karena ada jutaan makhluk hidup untuk dipelajari dan juga banyak cara untuk mempelajarinya.

Sebagai ahli biologi, kamu harus mengkhususkan diri pada bidang tertentu karena tidak mungkin menjadi ahli di seluruh bidang biologi.

3. Tenaga Pengajar

Guru merupakan salah satu lapangan kerja yang juga dapat dipilih oleh lulusan Biologi murni. Selain itu menjadi dosen juga dapat menjadi pilihan yang menarik, karena profesi dosen dapat memperluas kesempatan untuk mengembangkan ketertarikan dalam bidang yang ingin digeluti.

4. Peneliti Biologi

Saat menjadi mahasiswa Biologi, kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan ilmiah tentu akan bertambah. Apalagi didukung dengan daya analisa, keterampilan organisasi dan perhatian terhadap hal-hal detail membuat lulusan jurusan ini cocok menjadi ilmuwan riset atau ahli biologi.

Sebagai peneliti, anda bisa bekerja di laboratorium pada sektor publik atau perusahaan swasta, misalnya seperti LIPI, Inhutani, Perhutani, dll. Peneliti biasanya akan bekerja pada pengembangan obat-obatan baru, vaksin dan bentuk perawatan medis, penelitian mengenai hewan dan tumbuhan, memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi, melindungi keanekaragaman hayati bumi, prediksi dampak perubahan iklim, atau hal lainnya.

5. Konselor Genetik

Konselor genetik merupakan seorang profesional yang mempunyai pendidikan khusus dalam genetika dan konseling yang berguna untuk memberikan bantuan personal yang mungkin dibutuhkan pasien untuk membuat keputusan kesehatan genetik.

Sebagai konselor genetik, kamu harus sudah melalui pelatihan lanjutan dalam genetika medis dan konseling untuk menafsirkan hasil tes genetik dan membimbing serta mendukung pasien yang mencari informasi.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan Ilmu Fisika. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Bagi Lulusan Ilmu Gizi, Ini Prospek kerjanya

 


Editor: Bagus -

     

Komentar