Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Untuk Menjadi Seorang Programmer
Siker.id | 11 May 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar seorang programmer (freepik/siker.id)

siker.id - Programmer merupakan salah satu profesi di bidang IT yang populer dengan menciptakan berbagai aplikasi berbasis mobile, web, maupun desktop. Programmer mempunyai peran penting dalam proses perancangan sampai pengujian program yang dibuat.

Setiap program yang dibuat dan dilakukan harus sistematis juga sesuai dengan prosedur agar program yang dibuat bisa maksimal. Untuk bisa mewujudkannya, tentu seorang programmer harus memiliki kemampuan di bidang IT dan bidang lainnya. 

Baca juga : 4 Alasan Kenapa Orang Ingin Bekerja Di BUMN

Dibawah ini ada beberapa cara jika kamu ingin menjadi seorang programmer.

1. Menguasai bahasa pemrograman dan skill lain yang dibutuhkan

Bahasa pemrograman dan skill lain yang berkaitan dengan bidang IT menjadi modal dasar yang harus dimiliki seorang programmer. Untuk bisa memiliki pengetahuan di bidang ini, kamu harus belajar IT baik melalui sekolah formal maupun nonformal dengan mengikuti kursus atau belajar secara autodidak.

Baca juga : Ini Skill Wajib Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank

2. Ikut komunitas programmer

Hal ini sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan ilmu-ilmu baru dari komunitas programmer. Kamu pun akan mendapatkan koneksi programmer baru agar lebih mudah mendapatkan informasi terkait proyek maupun lowongan pekerjaan di bidang programming. 

3. Mulai membuat program

Kemampuan dan keahlian di bidang IT yang kamu miliki harus terus diasah dengan cara sering berlatih membuat program. Ilmu teori saja tidak cukup sehingga kamu perlu untuk mempraktikkannya secara langsung. 

Mulailah membuat program aplikasi sederhana, efisien, dan mudah digunakan. Program yang dibuat juga bisa menjadi portofolio saat kamu melamar pekerjaan maupun mencari proyek untuk dikerjakan.

Itulah dia beberapa cara untuk menjadi seorang programmer, semoga bermanfaat ya untuk kamu yang ingin menjadi programmer. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 8 Alasan Mengapa Orang Ingin Menjadi PNS


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar