Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Cara Meninkatkan Loyalitas Pelanggan Usaha Anda
Siker.id | 10 May 2022 15:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Saat Anda membangun dan menjalankan sebuah usaha, loyalitas pelanggan adalah salah satu hal yang penting untuk dioptimalkan. Sehingga, usaha yang Anda miliki bisa mendapatkan omset yang lebih banyak lagi. Bagaimana caranya?

Nah, berikut ini adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Baca juga : 4 Cara Elegan Menghadapi Rekan Kerja Suka Pamer

1.Memberikan Reward untuk Pelanggan yang Sudah Loyal

Salah satu manfaat memberikan apresiasi kepada pelanggan yang setia membeli produk Anda yaitu selain mempertahankan jumlah pelanggan Anda sekarang, ternyata juga bisa meningkatkan jumlah pelanggan baru yang tertarik dengan konsep berbisnis Anda.

Hal tersebut terjadi dikarenakan pelanggan setia Anda mengabarkan informasi baik tersebut untuk masyarakat sekitarnya. Sehingga, besar kemungkinan pelanggan yang loyal pada Anda akan bertambah.

2. Ramah dan Cepat dalam Melayani Pelanggan

Memberikan pelayanan yang cepat dan ramah juga termasuk salah satu upaya untuk menarik minat mereka untuk terus berlangganan. Salah satunya dalam hal komplain atau keluhan tertentu dari pelanggan, tim Anda perlu tanggap dalam melayaninya.

Dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan, menanggapi dengan ramah sekaligus memberikan apresiasi bagi mereka yang sudah berlangganan adalah hal baik. Bagi mereka yang tidak sungkan untuk menyampaikan keluhannya langsung pada Anda juga perlu ditanggapi dengan baik.

Sebab, itu bukan upaya merusak citra brand Anda. Akan tetapi, bisa memperbaiki kualitas produk dan pelayanan perusahaan Anda ke depannya.

Baca juga : 3 Cara Kembalikan Produktivitas Pasca Libur

3. Konsisten dengan Pelayanan Terbaik Anda Selama Ini

Dalam bidang pelayanan konsumen, jika perusahaan Anda sudah berhasil melayani mereka 24 jam selama seminggu dengan maksimal, maka sangat baik untuk mempertahankan pencapaian tersebut supaya loyalitas pelanggan semakin meningkat.

Konsistensi dalam bidang bisnis tentu juga akan mempertahankan apa yang sudah Anda capai sekarang sekaligus akan mendapatkan nilai tambah untuk profesionalitas perusahaan Anda. Terus meningkatkan kualitas pelayanan tersebut dan selalu memberikan yang terbaik untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan Anda adalah langkah yang tepat.

4. Memberi Pengingat atau Promosi sesuai Selera Pelanggan

Memberikan sapaan keakraban untuk menjaga profesionalitas Anda dengan tetap sopan membuat pesan tersebut lebih terpersonalisasi. Sebagai tambahan memberikan notifikasi tidak perlu terlalu berlebihan atau seperlunya saja. Sebab, bila terlalu berlebihan, malah bisa dianggap mengganggu.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan email marketing lebih jauh lagi untuk mempromosikan bisnis Anda. Yaitu, dengan cara mengirim topik yang menjadi selera konsumen. Sebelum melakukan upaya ini tentu saja Anda sudah melakukan pencatatan belanja atau daftar keinginan konsumen sehingga nanti saat ingin membuat promo spesial bisa disesuaikan dengan minat mereka.

Itulah dia beberapa cara meningkatkan loyalitas pelanggan Anda, semoga dapat membantu dalam memajukan dan pelayanan usaha Anda. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Skill Memasak Untuk Menjadi Chef


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar