Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Sih Tugas Seorang Mekanik Mobil?
Siker.id | 10 May 2022 12:45


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Mekanik adalah seseorang yang melakukan perbaikan dan juga pemeliharaan terhadap kendaraan saat ada kerusakan. Seorang mekanik tak hanya menguasai perbaikan peralatan montir di tiap bagian kendaraan saja, tetapi juga mengecek keseluruhan kondisi mesin bahkan sebelum adanya kerusakan.

Tanggung jawab seorang mekanik atau yang sering disebut montir ini besar lho, karena harus benar-benar menguasai mesin yang ia kerjakan. Nah, dibawah ini akan menjelaskan beberapa tugas dari mekanik mobil, simak yuk.

Baca juga : 3 Tugas Utama Komisaris dalam Perusahaan

1. Perawatan rutin kendaraan

Seorang montir harus mampu melakukan perawatan rutin dan pemeriksaan status kendaraan. Di sini tugas mekanik mobil adalah memeriksa oli, cairan pendingin, juga minyak rem sekaligus akan mengisi ulangnya jika dibutuhkan.

Tak hanya itu, untuk perawatan rutin tugas mekanik mobil juga wajib memeriksa dan mengganti filter bila perlu, melumasi bagian-bagian mesin, memeriksa baterai dan sistem kelistrikan kendaraan.

2. Mendiagnosis kerusakan

Pekerjaan mekanik adalah menganalisis dan mendiagnosis kerusakan kendaraan. Tugas ini meliputi memeriksa dan mengkalibrasi rem, tekanan udara di roda beserta kondisinya, menyelaraskan roda. 

Kemudian, mereka juga harus mampu membongkar bagian-bagian mesin untuk mencari bagian yang rusak atau perlu diperbaiki. 

3. Perbaikan umum dan khusus

Tugas mekanik selanjutnya yaitu melakukan perbaikan umum atau khusus dan mengganti bagian yang rusak. Pekerjaan ini meliputi mengganti dan memasang kembali mesin yang diperbaiki. Dari sini, mekanik langsung mengetes mesin atau potongan-potongan baru tersebut.

Baca juga : 3 Tugas Utama Komisaris dalam Perusahaan

4. Membuat rincian biaya perbaikan 

Setelah perbaikan, montir melaporkan semua perbaikan kendaraan pada pemilik bengkel atau pemilik kendaraan. Setelah itu membuat anggaran biaya perbaikan, membuat catatan bagian yang harus dibeli dan memberi tagihan pada pelanggan. 

Tak hanya itu, montir juga harus menjelaskan mengenai pembelian dan penggantian pada kendaraan yang tidak berfungsi. ‘

5. Membuat jadwal rutin pengecekan kendaraan 

Setelah kendaraan diperbaiki, tugas mekanik selanjutnya adalah membuat jadwal pengecekan rutin kendaraan pelanggan. Pekerjaan montir termasuk pekerjaan yang memiliki risiko. Karena bekerja dan berhubungan dengan kelistrikan. 

Oleh sebab itu, montir harus mematuhi protokol keselamatan di area kerja. Seperti menggunakan alat-alat keselamatan (kacamata pengaman, sarung tangan, dan jas montir) untuk menghindari kecelakaan. Selain itu, mekanik juga harus mematuhi peraturan keselamatan saat menggunakan mesin atau alat berat berbahaya seperti lift hidrolik, perkakas listrik, atau alat las. 

Nah, itulah dia beberapa tugas dari mekanik mobil, semoga bermanfaat. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga :4 Tugas Seorang Pengacara / Advokat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar