Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pahami Budaya Kerja Zaman Now Ala Generasi Milenial
Siker.id | 09 May 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Di Amerika Serikat, teori yang menjelaskan tentang generasi sudah ada pada tahun 1950-an. Ketika itu, Karl Mannheim, seorang sosiolog terkenal dari Amerika Serikat, membuat esai berjudul “The Problem of Generation”. Di esai dijelaskan bahwa perbedaan generasi yang lebih muda dan lebih tua ternyata bisa mengakibatkan perbedaan pola pikir dan nilai-nilai yang terkandung pada zamannya.

Salah satu generasi yang paling menonjol adalah generasi milenial atau milenium, merujuk kepada mereka yang lahir antara tahun 1990-an. Kebanyakan generasi milenial ini merasakan perbedaan teknologi yang sangat kentara. Misalnya pada masa kecil mereka tidak bermain gadget, sekarang hampir seluruh kehidupannya bergantung kepada gadget. 

Baca juga : 4 Alasan Generasi Milenial Sering Pindah Tempat Kerja

Efek selanjutnya yang berkembang adalah budaya kerja, seperti berikut ini akan dijelaskan.

1. Generasi milenial lebih realistis

Salah satu hal yang membedakan antara generasi milenial dengan generasi X atau mereka yang lahir di tahun 1980-an adalah pola pikir dan cara mendapatkan informasi. Sangat wajar ketika generasi X ini disebut skeptis karena sumber infomasi sangat terbatas dan tidak sebebas sekarang, akibatnya mereka menjadi generasi yang tertutup dan sangat independen atau mampu bekerja sendiri.

Coba bandingkan dengan generasi milenial atau generasi Y, mereka disebut dengan generasi yang realistis. Akses informasi yang bisa dilihat dalam hitungan detik menjadikan mereka lebih open minded. Opini yang berserakan di internet tentu menjadikan pandangan hidup generasi milenial lebih terbuka.

Baca juga : 3 Hal yang Harus Diperhatikan agar Karyawan Betah

2. Lebih bebas

Sekarang coba Anda tengok kantor startup seperti Gojek, Traveloka, ataupun Tokopedia, mereka mempunyai desain ruangan yang sangat bebas. Bahkan kantor pemerintahan atau kantor bank sudah mulai meniru konsep tersebut karena generasi milenial sudah mulai masuk berdatangan.

Tidak hanya itu, generasi ini juga menjadi pelopor pekerjaan remote. Para karyawan sekarang tidak perlu datang ke kantor setiap hari. Mereka juga di rumah dan mengerjakan pekerjaan yang didapat. Generasi milenial ini cukup datang ke kantor ketika ada meeting..

3. Tidak hanya soal uang

Hal terakhir yang sangat menarik dari generasi milenial adalah mereka tidak terpaku pada uang. Mereka rela bekerja dengan gaji yang mungkin tidak melimpah asalkan mereka mendapatkan pengalaman yang kaya.

Jadi, jika Anda pelaku usaha, jangan kaget ketika menerima banyak sekali mahasiswa magang atau fresh graduate yang terang-terangan bisa menerima gaji sedikit untuk mendapatkan pengalaman. Bagi mereka, pengalaman adalah yang utama. Mereka ingin hal-hal yang mereka kerjakan bisa benar-benar memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar.

Nah, itu dia beberapa hal menarik tentang budaya kerja generasi milenial. Hal ini sangat penting bagi pelaku usaha karena menanamkan budaya perusahaan untuk para generasi milenial.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Alasan Generasi Milenial Sering Pindah Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar
Pencarian