Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Simak ! Peluang Kerja Lulusan Perikanan
Siker.id | 18 Nov 2021 14:05


Bagikan ke

siker.id - Hidup di negara maritim membuat jurusan yang satu ini menjadi salah satu jurusan yang sangat menjanjikan. Jurusan perikanan merupakan bidang ilmu yang mempelajari ilmu perikanan dari berbagai dimensi mulai dari teknik pengelolaan perikanan, pengolahan produk perikanan, hingga manajemen bisnis perikanan.

Benarkah jurusan perikanan memiliki prospek kerja yang sedikit? Tak kenal maka tak sayang. Kamu mungkin hanya belum tahu prospek kerja untuk para lulusan dari jurusan ini. Jika Kamu mengetahui bahwa prospek kerja perikanan sama bagusnya dengan jurusan lainnya, Kamu mungkin akan mempertimbangkan masuk jurusan ini.

Baca juga: Begini Prospek Kerja Lulusan Manajemen Perusahaan

Apa saja peluang atau prospek kerja perikanan? Berikut ini prospek kerja yang bisa Kamu pilih.

1. Budidaya Hasil Laut

Kamu bisa memiliki usaha di bidang budidaya hasil laut. Jurusan Budidaya Perikanan dan Perairan juga memiliki prospek pekerjaan cemerlang sebab Kamu bisa menentukan sendiri berapa penghasilan yang diinginkan. Kamu bisa memulai langkah menjadi seorang pembudidaya hasil laut yang sukses seperti udang, rumput laut dan lain-lain.

Sebagai bentuk wirausaha, penghasilan Kamu memang tidak tetap. Namun Kamu bisa menambah penghasilan seiring dengan usaha Kamu yang semakin berkembang.

2. Peneliti

Kamu juga bisa mengembangkan minat dan bakat di bidang perikanan dan kelautan dengan menjadi seorang peneliti atau ilmuwan. Profesi peneliti masih termasuk dalam bidang pendidikan. Kamu akan melakukan berbagai penelitian untuk kemudian hasil dari penelitian tersebut bisa berguna untuk kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan.

3. Konsultan

Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan dalam bidang keahlian tertentu. Salah satu bidang keahlian itu ada di lingkup perikanan.

Tugas seorang konsultan memberikan jasa konsultasi, mengidentifikasi masalah, membuat peluang dan memberikan saran.

Saat ini sudah banyak konsultan perikanan yang memasarkan jasa mereka lewat internet.

Dalam perikanan sendiri beberapa contoh kerja mereka adalah memberikan konsultasi terkait budidaya, rencana pembuatan ekowisata pesisir, jasa analisis ekosistem, dan lain-lain.

Baca juga: Apa Saja Tunjangan Yang Diatur Dalam Undang-Undang?

4. BPOM

Peluang atau prospek kerja perikanan berikutnya yaitu bekerja di BPOM. Lulusan perikanan dan kelautan juga bisa bergabung menjadi pegawai BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Kamu bisa menjadi pegawai negeri yang bekerja di BPOM bisa memberikan gaji menggiurkan dengan kisaran jutaan per bulan

5. Pengusaha

Kembali berdasarkan beberapa info yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa kekayaan ruang laut Indonesia sangatlah luar biasa, menjadi entrepreneur adalah langkah yang tepat bisa di lakukan dalam memanfaatkan ruang laut Indonesia.

6. ABK

Kamu bisa bekerja sebagai Anak Buah Kapal atau ABK. Untuk Kamu yang ingin berkarir cemerlang, Kamu bisa menjadi ABK dan observer, baik untuk perusahaan dalam negeri maupun yang ada di luar negeri. Sebagai ABK, Kamu mungkin akan lebih sering berada di kapal dan mengarungi lautan daripada di rumah sendiri.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan perikanan. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Apa Dasar Hukum Pengaturan Jam Kerja Perusahaan?

 


Editor: Bagus -

     

Komentar