Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Alasan Pengalaman Organisasi Diletakkan dalam CV
Siker.id | 28 Apr 2022 17:30


Bagikan ke
Pengalaman organisasi (siker)

siker.id - Pernah dengar gak, pengalaman organisasi ternyata berpengaruh banget saat kita melamar kerja. Paling tidak, itu bikin kamu lebih istimewa dan memberikan kesan baik bagi HRD saat melihat CV-mu pertama kali. Karena itu, apa saat ini kamu masih kuliah-pulang-kuliah-pulang (kupu-kupu) saja? Tidak harus organisasi yang seserius itu, dengan ikutan kegiatan atau unit kesenian misalnya termasuk punya pengalaman organisasi kok. Berikut alasan mengapa pengalaman organisasi penting diletakkan dalam CV.

Baca juga: Tips Mahasiswa Baru Memilih Organisasi Kampus

Pengalaman organisasi tanda kamu aktif

Selain melatih komunikasimu dalam berorganisasi, sebenarnya pengalaman ini bisa jadi nilai plus bagi citramu di CV saat melamar nanti. Ingat, kamu akan banyak bersaing dengan banyak orang hanya untuk mendapatkan suatu posisi. Otomatis, kamu harus jadi kandidat yang paling menonjol di antara pesaing lainnya. Perlu diingat juga, perusahaan mana pun pasti sangat membutuhkan karyawan yang cekatan dan aktif. Jadi semakin banyak organisasi yang kamu ikuti selama kuliah, percayalah, besar kemungkinan HRD perusahaan melirik CV-mu.

Mampu bekerja sama di kampus jadi tolok ukur skill-mu di dunia kerja

Tidak banyak lho orang yang bisa bekerja dalam tim. Mungkin kamu bisa sukses saat bekerja seorang diri, tapi ketika dipertemukan dengan karakter orang yang berbeda-beda, jelas ini jadi tantangan. Percayalah, itu gak semudah dengan apa yang kamu pikirkan. Lagi pula, selama berorganisasi pun kamu bisa melihat skill apa yang menonjol darimu. Apakah skill tersebut mengarahkanmu sebagai konseptor, penulis, atau bahkan orang lapangan? Personal skill inilah yang bisa kamu masukan dalam CV-mu.

Baca juga: Tips Mengikuti Organisasi Kampus disaat Pandemi

Berarti manajemen waktumu sudah terasah sejak kuliah

Ini juga jadi poin penting lho, manajemen waktu. Ingat pepatah “waktu adalah uang” dan IDN Times setuju banget dengan ini. Dengan berorganisasi, sudah pasti kamu akan lebih menghargai waktu sesebentar apa pun itu. Di momen inilah kamu akan menyadari bahwa waktu yang sudah kamu buang sia-sia ini gak akan pernah bisa kamu ulang. Kalau bisa ditebak nih, buat kamu yang sudah sering berorganisasi, biasanya kamu punya kalender pribadi deh setiap harinya. Di sana, kamu menuliskan kegiatan-kegiatan penting yang akan kamu lakukan, bahkan lengkap dengan keterangannya. Pokoknya, semua serba terorganisir.

Sekian artikel tentang pentingnya pengalaman organisasi ditaruh dalam cv. bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Menerapkan Budaya Organisasi


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar