- Kiat Memotivasi Tim dan Membangun Solidaritas
- Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?
- Berikut Beberapa Manfaat Perjalanan Dinas
- Berikut Tips Membangun Kerjasama Virtual Team Building
- Berikut Beberapa Tips Mengelola Kerja Tim di Kantor
- Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan
- Berikut Ini 5 Games Team Building Untuk Kerjasama Tim
- Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?
- Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula
- Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?
siker.id - Dalam bisnis, berbagai macam metode atau kerjasama pastinya dilakukan untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis itu. Salah satunya adalah dengan menggunakan system kerjasama konsinyasi. Sistem konsinyasi adalah suatu perjanjian antara dua pihak dimana salah satu pihak sebagai pemilik barang menyerahkan barangnya kepada pihak tertentu untuk menjualnya dan akan mendapatkan komisi tertentu yang sudah disepakati. Terdapat sebutan tersendiri untuk kedua belah pihak yang melakukan konsinyasi. Pemilik barang disebut consignor, sedangkan pihak yang dititipi atau penjual barang disebut dengan consignee. Agar Kerjasama konsinyasi ini bisa berjalan baik dan efektif serta menguntungkan kedua pihak, berikut tips yang bisa digunakan.
Baca juga: 3 Bentuk Kerjasama Model Partnership
Buatlah perjanjian yang saling menguntungkan
Tips pertama sistem konsinyasi adalah kedua pihak (consignor dan consignee) harus terbuka mengenai kesepakatan yang diinginkan. Pastikan isi perjanjian tidak merugikan salah satu pihak atau setidaknya meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Pertanyaan seperti besaran komisi, biaya tambahan, periode konsinyasi, tagihan, kebijakan pengiriman dan pengembalian, komunikasi, dan lainnya harus disepakati dengan jelas.
Mencocokan toko dengan produk yang ingin dijual
Mengingat konsinyasi adalah sistem kerjasama dengan adanya retur apabila produk tidak terjual, cara untuk meminimalisirnya adalah dengan memilih mitra yang cocok. Sebagai consignor atau pemilik produk, memilih toko yang tepat untuk menjual produk kamu sangatlah penting. Hal itu akan berpengaruh besar pada penjualan barang kamu nantinya. Apabila kamu pemasok makanan dengan harga tinggi, tidak akan cocok jika dititipkan di toko ritel kecil. Kamu bisa menitipkannya di cafe, restoran, dan tempat lainnya yang kira-kira sesuai.
Baca juga: 3 Kunci Sukses Membentuk Kerjasama Tim
Melakukan pengaturan display produk
Bagaimana produk ditampilkan atau dalam toko menjadi salah satu faktor penentu penjualan. Semakin banyak pelanggan yang melihat produkmu, maka peluang untuk terjual pun meningkat. Pastikan kamu bisa mengatur posisi barang di toko. Kamu juga dapat berdiskusi dengan pemilik toko mengenai hal ini.
Sekian artikel tentang tips agar konsinyasi bisa berjalan lancar. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut Ini 5 Games Team Building Untuk Kerjasama Tim
Editor: -
Komentar
- Kiat Memotivasi Tim dan Membangun Solidaritas
- Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?
- Berikut Beberapa Manfaat Perjalanan Dinas
- Berikut Tips Membangun Kerjasama Virtual Team Building
- Berikut Beberapa Tips Mengelola Kerja Tim di Kantor
- Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan
- Berikut Ini 5 Games Team Building Untuk Kerjasama Tim
- Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?
- Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula
- Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?