Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Aplikasi Coding untuk Membantu Tugas Programmer
Siker.id | 20 Apr 2022 19:00


Bagikan ke
Aplikasi coding (siker)

siker.id - Aplikasi coding yang dibutuhkan para programmer untuk menciptakan aplikasi biasanya berisi barisan kode. Semakin lengkap barisan kode itu, maka aplikasi yang dihasilkan pun semakin maksimal. Dengan aplikasi coding, programmer bisa menyusun barisan kode tersebut hingga membentuk aplikasi baru. Beragam aplikasi coding pun hadir dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada yang memiliki fitur sederhana, ada pula fitur lengkap, bahkan ada juga yang menyediakan bermacam plugin tambahan. Programmer biasanya memilih aplikasi coding yang mengusung bahasa pemrograman yang sesuai dan lengkap. Berikut beberapa aplikasi coding yang bisa digunakan programmer.

Baca juga: 3 Aplikasi Pendukung Kerja Penulis

Sublime Text.

Aplikasi coding yang satu ini cukup kompatibel karena dapat digunakan pada Windows, Mac, maupun Linux. Namun, di antara ketiganya, Linux-lah sistem operasi yang paling cocok dengan aplikasi “Sublime Text”. Selain memiliki performa yang maksimal dan tampilan yang beragam namun tetap sederhana, “Sublime Text” cukup ramah pada berbagai pengembangan.

Notepad++

Aplikasi coding ini cukup banyak digunakan para programmer aplikasi ini sangat mudah digunakan terutama bagi pemula yang baru terjun didunia programmer. Tetapi aplikasi Notepad++ sangat berbeda dengan aplikasi notepad biasa bawaan windows. Notepad++ ini telah ditambahkan banyak plugins-plugins. Fitur canggih yang terdapat pada Notepad++ ini seperti text-shortening, macro recording, dan shortcut costumization. Aplikasi gratis Notepad++ ini memiliki pendeteksi berbagai macam bahasa pemrograman seperti Assembly, C, Perl, PHP, Python, C++, Java, Javascript, C#, CSS, HTML, Pascal, Ruby, Shell, SQL, VB dan XML.

Baca juga: 3 Rekomendasi Aplikasi Kerja Terbaik Untuk Para Jobseeker

Emacs

Aplikasi coding yang dirilis pada tahun 1975 ini dibuat oleh Richard Stallman bersama Guy L. Steele, Jr, hingga terciptalah singkatan 'Editor MACroS'. Setelah aplikasi ini, Richard Stallman kembali mengembangkan aplikasi coding yang hingga kini banyak dikenali programmer, yaitu GNU Emacs dan XEmacs. Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat oleh Richard Stallman dengan memakai bahasa pemrograman C dan Lisp. Emacs sendiri hadir dengan mengusung file manager lalu melengkapinya dengan subversion, bzr, git, hg hingga fitur lain diantaranya tampilan email, debugger, maupun berita. Umumnya, aplikasi coding "Emacs" banyak digunakan oleh para pengguna Linux.

Sekian artikel tentang aplikasi coding untuk membantu tugas programmer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Aplikasi yang Membantu Pekerjaan Desain Grafis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar