Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
7 Cara Memulai Bisnis Startup Untuk Para Pemula
Siker.id | 21 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Memiliki sebuah rencana yang jelas dan matang adalah salah satu hal penting ketika Anda mulai merintis sebuah bisnis. Berpegang pada rancangan sederhana dan juga strategi yang rinci akan membantu Anda fokus pada hal yang benar-benar penting.

Di bawah ini, simaklah bagaimana cara memulai bisnis startup untuk Anda para pemula.

Baca juga : Cara Follow Up Customer Yang Baik

1. Buat Minimum Viable Product / MVP

Sebelum merilis bisnis, Anda perlu lebih dulu mencari tahu soal Minimum Viable Product atau MVP. MVP merupakan fitur yang perlu Anda siapkan untuk bisa memuaskan pelanggan seketika merilis bisnis. MVP ini pula yang memperbesar kemungkinan Anda untuk bisa me-launch bisnis secara sukses. 

Namun, MVP tidak sama dengan beta launch. MVP menyediakan user akses ke fitur-fitur yang membuat produk Anda berguna ketika ia dirilis. Seiring ekspansi bisnis, Anda bisa terus menambahkan fitur-fitur baru.

2. Buat website bisnis

Website adalah fondasi dari setiap bisnis online. Website sangat diperlukan entah itu untuk bisnis online ataupun offline. Sebab, calon pelanggan potensial lebih mudah menemukan bisnis Anda jika memang bisnis Anda tersedia secara online.

3. Pilih nama domain yang tepat

Ini adalah salah satu langkah penting ketika membangun startup Anda. Nama domain adalah identitas bisnis online Anda ━ sesuatu yang pelanggan Anda akan ingat. Maka dari itu, menemukan nama domain yang sesuai adalah hal yang tak boleh terlewat.

Sebuah nama domain yang baik bisa menunjukkan nama brand dan bidang industri, bebas dari salah eja serta tanda hyphen (-), pendek, lalu mudah diingat dan dilafalkan.

Baca juga : 3 Cara Kembali Produktif setelah Long Weekend

4. Fokus pada tujuan awal

Ketika menyusun strategi memulai bisnis startup, selalu cek kembali tujuan awal yang ditetapkan. MVP bagus untuk memulai bisnis, tapi tujuan awal lah yang akan merintis jalan sukses Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk menilik kembali coret-coretan strategi bisnis Anda.

5. Tetapkan jangka waktu untuk setiap tugas

Setiap tugas di daftar harus memiliki jangka waktu yang jelas. Ini akan memudahkan Anda memantau progres setiap tugasnya.

Ketika satu tugas selesai, Anda bisa menandai pencapaian baru. Cara ini memiliki banyak kegunaan. Anda bisa mengukur progres pekerjaan sekaligus menjaga momentum. 

6. Cari target pasar 

Supaya bisnis sukses, Anda perlu pelanggan. Untuk bisa mencari pelanggan, Anda perlu mempersempit target audiens atau target pasar yang disasar.

Hal ini bisa dilakukan dengan belajar dari web kompetitor. Coba kumpulkan dan analisis data yang ada di sana.

7. Buat penawaran atau produk yang spesifik

Produk dan layanan yang spesifik merupakan hal penting dalam bisnis. Hal inilah yang akan jadi tulang punggung bisnis sekaligus hal yang menarik pelanggan.

Anda selalu bisa kembangkan varian produk Anda di kemudian waktu. Namun, perlu diingat, kalau pengembangan itu perlu sejalan dengan layanan atau produk yang ditawarkan. Paling tidak, ingatlah prinsip ini di masa-masa awal bisnis. Prinsip ini akan membantu Anda fokus dalam menjalankan usaha.

Sekian artikel tentang cara memulai bisnis startup untuk para pemula, semoga dapat membantu Anda yang sedang memulau dalam merintis bisnis. Jika ada kritik dan saran silahkan dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Inilah Cara Menghadapi Pimpinan Yang Otoriter


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar