Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Inilah Basic Skill Yang Harus Dimiliki Jurnalis
Siker.id | 17 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Membutuhkan beberapa skill untuk menjadi seorang jurnalis. Menjadi seorang jurnalis pun masih banyak diminati hingga saat ini, terutama untuk mahasiswa lulusan ilmu jurnalistik atau komunikasi.

Namun, tidak hanya memiliki ilmu jurnalistik saja, tetapi ada beberapa skill yang harus ditekuni. Berikut basic skill untuk yang ingin menjadi seorang jurnalis.

Baca juga : Berikut Skill yang Harus Dikuasai Fashion Designer

1. Menulis & membaca kritis

Kalian harus banget suka membaca dan menulis. Bacaan yang bisa kamu pilih tidak hanya buku yang berat, tapi juga bisa dengan novel atau buku non-fiksi seperti biografi dan kisah inspiratif. Dengan membaca dan menulis, ini membantu kepekaan kamu sebagai jurnalis nantinya. Jadi, ini salah satu skill basic jurnalistik yang perlu kamu dalami.

 

2. Teknik bercerita

Teknik bercerita atau story telling ini juga salah satu skill basic yang akan diperhitungkan sebagai anak jurnalistik. Kamu bisa belajar dengan membuat podcast atau vlog. Atau kamu juga bisa mengikuti kelas-kelas story telling melalui daring saat ini.

3. Foto & editing

Nah, ini juga harus dimiliki sama anak jurnalistik. Paling tidak teknik dasar foto dan editing, karena pasti akan banyak foto yang diperlukan untuk berita atau artikel yang ditulis.

Baca juga : Berikut 4 Jenis Pelatihan Skill Karyawan

4. Manajemen waktu

 

Siapa yang hingga saat ini manajemen waktunya masih belum bagus? Nah, sebagai anak jurnalistik, harus diperbaiki, ya, karena akan ada banyak hal yang dilakukan, jika manajemen waktunya masih kacau, pasti pekerjaannya tidak selesai dengan maksimal. 

5. Berwawasan luas dan up to date

 

Ini skill yang tidak bisa ditawar, ya, untuk jadi anak jurnalistik harus memiliki wawasan yang luas dan up to date. Jangan sampai ketinggalan informasi atau malah tidak tahu sama sekali. Jadi harus sering-sering cek berita terbaru, ya.

Itulah dia basic skill yang dimiliki jika ingin menjadi seorang jurnalis, sangat menarik karena skill tersebut bisa kamu tekuni dari sekarang. Sekian artikel ini menjelaskan dan semoga bisa membantu kalian.

Jika ada kritik dan saran bisa di tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar