Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Basic Skill Yang Harus Dimiliki Para Mahasiswa Teknik
Siker.id | 13 Apr 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi Mahasiswa Teknik (siker.id/freepik)

siker.id - Jurusan teknik adalah salah satu jurusan yang banyak diminati para calon mahasiswa baru, karena peluang kerja yang sangat besar. Padahal, jurusan teknik memiliki tantangan yang cukup besar dan sedikit berbeda juga dengan jurusan lain. Karena diharuskan kamu mempunyai skill yang harus kamu penuhi agar mendapatkan hasil yang maksimal ketika menjadi mahasiswa teknik.

Baca juga : Berikut 4 Super Skill yang Menjadi Incaran Perusahaan

Berikut ini adalah beberapa basic skill yang harus kamu siapkan dan kuasai sebelum menjadi calon mahasiswa baru.

1. Memiliki keterampilan teknologi

Buat kamu yang ingin masuk jurusan teknik, kamu harus memahami kemampuan dasar di bidang teknologi. Apalagi buat kamu yang ingin masuk di jurusan Teknik Komputer atau Sistem Informasi, kemampuan ini bisa kamu jadikan sebagai pondasi awal untuk menginjakkan kaki di bangku perkuliahan. 

2. Paham matematika tingkat lanjut

Teknik dan matematika ibarat perangko dan amplop yang tak bisa dipisahkan. Semua mata kuliah yang disajikan pada bidang teknik ini akan berhubungan erat dengan matematika. Makanya, kamu harus betul-betul memahami rumus, logika, serta perhitungan yang ada.

Baca juga : Skill yang Harus Dikuasai Generasi Digital

3. Suka dengan hal yang detail

Sebagai calon insinyur, kamu harus paham dengan detail teknik yang kompleks. Apalagi buat kamu yang mengambil berbagai proyek rekayasa di bidang teknik. Kemampuan untuk melakukan pengujian, struktur desain, hingga keamanan sangat diperhatikan dengan baik. 

4. Mampu memecahkan masalah

Masuk di jurusan teknik pastinya membutuhkan berbagai kemampuan yang tepat untuk bisa memecahkan masalah. Apalagi kalau sudah terjun di lapangan, kamu akan menangani berbagai macam keadaan darurat yang butuh ditangani dengan sangat cepat. 

5. Mampu bekerjasama dengan tim

Mau masuk di jurusan teknik berarti harus memiliki kemampuan bekerjasama dengan baik. Terlebih kemampuan dalam komunikasi, kamu harus bisa melakukannya dengan sangat baik. 

Itulah dia basic skill yang bisa kamu siapkan dan pelajari dengan cepat, karena masuk jurusan teknik bisa dibilang tidak mudah, banyak sekali usahan yang harus kamu lakukan agar kamu bisa sukses menaklukkan pekerjaan di masa depan.

Sekian artikel ini, semoga dapat membantu kalian calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke jurusan teknik. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar