Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Jalani Workcation yang Benar
Siker.id | 11 Apr 2022 18:45


Bagikan ke
Menjalani workcation yang benar (siker)

siker.id - Apa solusi dari kejenuhan dan kebosanan WFH selama pandemi corona? Workcation adalah salah satunya. Timetastic menuliskan, workcation adalah kegiatan bekerja sambil menjalani liburan. Bentuk teknisnya sendiri bermacam-macam. Ada orang yang bekerja sambil berjemur di pantai. Ada juga yang ikut meeting sambil staycation di hotel. Kadang kala, ada pula yang menyebut workcation dengan istilah workoliday atau woliday. Workoliday bisa menjadi solusi WFH selama pandemi. Bekerja dengan suasana beda dianggap lebih menyenangkan dari biasanya. Itulah mengapa, kegiatan ini diprediksi naik daun. Berikut tips menjalani workcation yang baik.

Baca juga: 4 Keuntungan Bekerja sebagai Pekerja Freelance

Lakukan di jadwal WFH

Saat harus ke kantor, kamu tentu tak mungkin pergi ke tempat wisata dan bekerja dari sana. Jadi, lakukanlah workcation di jadwal WFH-mu. Kamu yang masih sepenuhnya kerja di rumah atau malah bekerja dari mana saja tentu bebas memilih.

Pilih lokasi yang tepat

Selanjutnya, pilih lokasi workcation yang tepat. Di proses ini, selalu ingat prinsip workoliday, ya. Kamu tak sedang liburan, hanya menjalani pelengkap dari liburan tersebut. Jadi, hindari tempat wisata impian yang penuh dengan lokasi menarik. Sebab, ada peluang kamu batal mengunjungi lokasi terkait karena sibuk kerja.

Buat jadwal yang jelas

Selanjutnya, buatlah jadwal yang jelas. Kapan kamu harus bekerja? Kapan kamu harus istirahat? Kapan kamu bisa mengunjungi tempat wisata? Rencanakan semua itu dengan matang, ya. Walau tak selalu sejalan dengan realita, rencana bisa mencegahmu membuang waktu. Kamu pun tidak sekadar pindah lokasi kerja, tetapi bisa memanfaatkan waktu dengan sedikit menjelajah.

Baca juga: Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Bekerja

Patuhi protokol kesehatan

Sudah vaksin dengan dosis lengkap? Jangan lengah, tetap patuhi protokol kesehatan selama workoliday. Melansir CDC, walau kamu sudah divaksin secara lengkap, kamu tetap bisa terkena Covid-19 dengan gejala ringan. Kamu juga masih bisa menyebarkan virus corona ke orang lain.

Sekian artikel tentang tips menjalani workcation yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar